PENGARUH LATIHAN SPLIT DENGAN CARA ‘V’ STRETCH DAN BANTUAN TEMAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS DOUBLE EVENT PADA ATLET PSTI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2021


MUHAMAD DZULFIQOR, 6101417097 (2021) PENGARUH LATIHAN SPLIT DENGAN CARA ‘V’ STRETCH DAN BANTUAN TEMAN TERHADAP KEMAMPUAN SERVIS ATAS DOUBLE EVENT PADA ATLET PSTI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417097 - Muhammad Dzulfiqor v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Double event adalah salah satu dari beberapa nomor yang dipertandingkan dalam olahraga sepaktakraw. Dengan adanya nomor ini salah satu bentuk latihan untuk menunjang agar dapat melakukan pertandingan dengan maksimal yaitu dengan melakukan bentuk latihan split „v‟ stretch dan split bantuan teman. Ini merupakan bentuk latihan kelentukan dalam olahraga sepaktakraw yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan hasil servis atas double event. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latihan mana yang lebih berpengaruh antara latihan split „v‟ stretch dan split dengan bantuan teman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan populasi 24 atlet serta menggunakan pola Matched Subject Design. Sampel yang digunakan adalah seluruh atlet putra tim sepaktakraw Kabupaten Demak (total sampling) berjumlah 24 atlet. Instrument untuk test yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan petunjuk test keterampilan servis atas dari Sulaiman. Teknik analisis data menggunakan perhitungan melalui bantuan spss dengan menggunakan metode paired sample test dengan ketentuan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima (ada pengaruh). Serta menggunakan statistic uji t (t-test) dengan sign 5% dan d.b=n-1. Hasil hipotesis penelitian menunjukan bahwa; (1) berdasarkan hasil perhitungan melalui bantuan spss dengan metode paired sample test maka dapat diketahui rata-rata (mean) pretest -3.250 nilai ini menunjukan selisih antara nilai mean dari kelompok eksperimen 1 pretes dengan mean posttest. Serta dinilai Sig. (2tailed) yaitu 1.764 > 0,05. (2) berdasarkan hasil perhitungan melalui bantuan spss dengan metode paired sample test maka dapat diketahui rata-rata (mean) pretest -3000 nilai ini menunjukan selisih antara nilai mean dari kelompok eksperimen 2 pretes dengan mean posttest. Serta dinilai Sig. (2tailed) yaitu 0,005 < 0,05. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Tidak ada pengaruh latihan split „v‟ stretch terhadap kemampuan hasil servis atas double event. (2) Ada pengaruh latihan split dengan bantuan teman terhadap hasil servis atas double event. (3) Latihan split dengan bantuan lebih baik dari pada latihan splt „v‟ stretch terhadap kemampuan hasil servis atas double event. Saran yang dapat peneliti berikan adalah dengan menggunakan metode latihan split bantuan teman dapat mempengaruhi hasil servis atas double event menjadi lebih baik serta untuk pelatih atau pembina supaya menggunakan metode latihan split bantuan untuk meningkatkan kemampuan servis atas double event.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Split, Hasil Servis, Double Event, Sepaktakraw.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Nov 2022 06:27
Last Modified: 14 Nov 2022 06:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52966

Actions (login required)

View Item View Item