PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2020/2021


HANIF IRSYADA, 6101417070 (2021) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417070 - HANIF IRSYADA v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani merupakan pembelajaran yang melibatkan aktivitas fisik. dan diharapkan dapat mempelajari tentang pengendalian fisik, mental, dan sosial. Pembelajaran PJOK di masa pandemi kerap membuat peserta didik mengalami kesulitan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran PJOK secara online/daring pada masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 1 Batang tahun ajaran 2020/2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan keadaan sebenarnya di lapangan tentang proses pelaksanaan pembelajaran jarak jauh mata pelajaran pendidikan jasmani di masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 1 Batang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Objek yang diteliti adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani pada masa pandemi COVID-19 di SMP Negeri 1 Batang tahun ajaran 2020/2021. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi data. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran online/daring di SMP Negeri 1 Batang dilaksanakan sesuai dengan langkah�langkah/prosedur Balitbang, seperti perangkat pembelajaran yang diajarkan, aplikasi yang digunakan, serta prosedur pembelajaran secara daring/online. Pelaksanaan pembelajaran PJOK di SMP Negeri 1 Batang pada masa pandemi COVID-19 menimbulkan pengaruh yang bersifat positif dan negatif. Menurut informan, pembelajaran PJOK semacam ini tidaklah efektif. Pengaruh yang bersifat negatif lebih banyak terlihat dari sisi para peserta didik. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti segi ekonomi yang kurang mampu, latar belakang keluarga kurang harmonis, dan antusias para peserta didik yang semakin menurun. Sehingga proses dan output belajar yang dihasilkan oleh sebagian peserta didik tidak begitu maksimal. Pembelajaran PJOK secara daring di SMP Negeri 1 Batang dilaksanakan sesuai dengan prosedur pembelajaran daring. Terdapat beberapa faktor dari guru dan beberapa siswa yang membuat proses pembelajarannya menjadi kurang efektif. Sehingga, perlu adanya perlakuan khusus bagi pelaksana pembelajaran daring yang kesulitan agar lebih dimudahkan tanpa mengurangi tujuan pembelajaran. Sejalan dengan itu, guru PJOK harus lebih tegas dan lebih jelas dalam memberikan materi, evaluasi peserta didik, serta inovasi agar pembelajaran berjalan lebih mudah meski dalam kondisi yang terbatas demi tujuan pembelajaran PJOK yang harus dicapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran, PJOK, Pandemi, COVID-19
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Nov 2022 06:18
Last Modified: 14 Nov 2022 06:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52964

Actions (login required)

View Item View Item