PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN TEMANGGUNG


RYZA NADZIFATUL HAIAH, 6101417050 (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP NEGERI SE-KECAMATAN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417050 - Ryza Nadzifatul Haiah V.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pembelajaran adalah sebuah rencana dengan menggunakanmetode dan memanfaatkan dari berbagai sumber budaya agar mencapai tujuan yang diharapkan. Strategi pembelajaran sangat dibutuhkan dalam membantu meningkatkan kualitas belajar pada siswa SMP se-Kecamatan Temanggung. Strategi pembelajaran pendidikan praktik tidak bisa berjalan secara optimal dimasa pandemi. Pada penelitian ini lebih difokuskan pada materi praktik mata pelajaran pendidikan jasmani di SMP Negeri se-Kecamatan Temanggung 2021 selama masa pandemi. Tujuannya untuk lebih mengetahui penerapan strategi pembelajaran yang sesuai dalam materi praktik Pendidikan Jasmani di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan pengamatan, wawancara, dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data melalui triangulasi. Analisis data menggunakan metode yang dilakukan terus menerus. Aktivitas dalam melakukan analisis data berupa reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dalam materi praktik Pendidikan jasmani pada masa pandemi di SMP Negeri se�kecamatan Temanggung dengan, Strategi pembelajaran yang ada di SMP Negeri se kecamatan Temanggung tetap dilaksanakan meskipun dilaksanakan dengan daring. Perencanaan yang dilakukan guru meliputi Silabus, RPP, Bahan Ajar, Media Belajar dan Instrumen Penilaian yang disesuaikan dengen situasi pandemi COVID�19. Untuk pelaksanaan pembelajarannya menggunakan google classroom, whatsapp (WA), google meet. Penilaian yang dilakukan yaitu dengan pengetahuan dan keterampilan. Kesimpulan pada penelitian ini berdasarkan hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa strategi yang digunakan kurang sesuai dengan kompetensi dasar khususnya dibidang materi praktik terpimpin masih terlihat kurang terlaksana dengan baik karena adanya hambatan tertentu dari masing-masing sekolah SMP se�Kecamatan Temanggung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, COVID-19
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:36
Last Modified: 14 Nov 2022 04:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52959

Actions (login required)

View Item View Item