PERBEDAAN PROGRAM ABSOLUTE DAN INCREMENTAL TERHADAP WAKTU PENGERJAAN PADA RANCANG BANGUN CNC ROUTER 3 A


Rizqi Andika Candra Wijaya, 5201414040 (2021) PERBEDAAN PROGRAM ABSOLUTE DAN INCREMENTAL TERHADAP WAKTU PENGERJAAN PADA RANCANG BANGUN CNC ROUTER 3 A. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of PERBEDAAN PROGRAM ABSOLUTE DAN  INCREMENTAL TERHADAP WAKTU  PENGERJAAN PADA RANCANG  BANGUN CNC ROUTER 3 A] PDF (PERBEDAAN PROGRAM ABSOLUTE DAN INCREMENTAL TERHADAP WAKTU PENGERJAAN PADA RANCANG BANGUN CNC ROUTER 3 A) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Wijaya, Rizqi A.C, 2021. Perbedaan Program Absolute dan Incremental terhadap Waktu Pengerjaan pada Rancang Bangun CNC Router 3A. Skripsi. Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Dr. Wirawan Sumbodo, M.T. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan waktu pengerjaan antara program absolute dan program incremental pada rancang bangun mesin CNC router 3A. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental, yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan waktu pengerjaan pada mesin CNC router 3A berdasarkan perbedaan metode pemrograman yang digunakan pada saat penelitian. Pada penelitian ini, metode pemrograman yang digunakan adalah program absolute dan program incremental dengan variasi feederate 50 mm/menit, 75 mm/menit, 100 mm/menit, dan 125 mm/menit. Setelah proses pemesinan, selanjutnya dilakukan pengujian waktu pengerjaan dengan menggunakan stopwatch. Analisa data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan waktu pengerjaan yang signifikan diantara penggunaan program absolute maupun program incremental pada rancang bangun mesin CNC router 3A.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CNC router, absolute, incremental, waktu pengerjaan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 14 Nov 2022 07:04
Last Modified: 14 Nov 2022 07:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52958

Actions (login required)

View Item View Item