IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING DI SMP NEGERI 3 KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL TAHUN 2021


Lianita Agustina Sari, 6101417042 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK SECARA DARING DI SMP NEGERI 3 KALIWUNGU KABUPATEN KENDAL TAHUN 2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417042 - Lianita Agustina Sari v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Di masa pandemi Covid-19 terjadi perubahan pelaksanaan pembelajaran khususnya pembelajaran PJOK terkait dengan kurikulum, waktu dan sistem. Maka perlu implementasi yang jelas agar pelaksanaan pembelajaran PJOK dapat berjalan khususnya melalui daring. Banyak faktor yang mempengaruhi pembelajaran PJOK secara daring di SMP Negeri 3 Kaliwungu yaitu faktor ekonomi pada setiap siswa yang masih ada beberapa siswa yang belum mempunyai ponsel dan laptop pribadi, faktor komunikasi dengan keterbatasan sarana dalam kegiatan pembelajaran secara daring, faktor kemampuan jaringan yang disetiap daerah tempat tinggal siswa berbeda-beda, dan faktor materi dimana siswa merasa bosan dengan materi yang diberikan guru PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan mengidentifikasi terkait implementasi pembelajaran PJOK secara daring di SMP Negeri 3 Kaliwungu. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Fokus penelitian ingin mengidentifikasi implementasi pembelajaran PJOK secara daring. Lokus penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Kaliwungu. Sumber data primer dan sekunder dalam penelitian ini Guru PJOK dan Siswa kelas 8 dan 9. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah instrumen wawancara dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Hasil penelitian terdiri tujuan pembelajaran tatap muka diubah menjadi daring untuk memutus mata rantai covid19, media pembelajaran tatap muka durasi 40x3 jam diubah menjadi 40 menit, materi berupa teori yang dapat dipelajari kapanpun, dan evaluasi terkait pengumpulan tugas siswa yang tidak tepat waktu. Strength : menambah kemampuan guru dan siswa dalam menggunakan teknologi. Weakness : guru PJOK tidak dapat mengawasi dan mengevaluasi gerakan siswa secara langsung.Opportunities : terdapat siswa yang menjadi lebih kreatif. Threats : siswa merasa kurang memahami materi yang diberikan guru PJOK karena hanya teori. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pembelajaran PJOK secara daring di SMP Negeri 3 Kaliwungu adalah metode pembelajaran yang tepat dan ideal serta dapat memberikan manfaat untuk mengajak dan mengedukasi siswa untuk selalu menjaga kesehatan dan beraktivitas fisik dirumah. Maka disarankan agar guru PJOK selalu melakukan evaluasi metode pembelajaran serta penggunaan aplikasi yang dapat mengantisipasi rasa bosan yang dimiliki siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran PJOK, pembelajaran daring
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Nov 2022 04:31
Last Modified: 14 Nov 2022 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52957

Actions (login required)

View Item View Item