M I N A T D A N MO T I V A S I S I S W A T E R H A D A P KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAKTAKRAW DI SD NEGERI 2 JUNGSEMI, KECAMATAN KANGKUNG, KABUPATEN KENDAL


Ira Ambarwati, 6101417041 (2021) M I N A T D A N MO T I V A S I S I S W A T E R H A D A P KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SEPAKTAKRAW DI SD NEGERI 2 JUNGSEMI, KECAMATAN KANGKUNG, KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417041- Ira Ambarwati v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ekstrakurikuler adalah kegiatan pengembangan diri siswa yang dilaksanakan diluar jam sekolah dengan tujuan sebagai sarana untuk mengembakan bakat, minat, potensi, dan kemauan siswa sesuai yang digemarinya, termasuk dibidang olahraga. salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang paling terkenal di SD Negeri 2 Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal ialah Sepaktakraw karena olahraga sepaktakraw termasuk salah satu cabang unggulan di Kabupaten Kendal. Fokus pada penelitian ini adalah mengetahui minat dan motivasi siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler sepaktakraw dan faktor yang mendukung siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepaktakraw. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode survey test menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Populasinya adalah seluruh pelajar Sekolah Dasar SD Negeri 2 Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal yang berjumlah 134 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepaktakraw berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian pada variabel minat dalam kategori sedang. yang menunjukkan tiga indikator memperoleh sebesar 48% yaitu pada indikator perasaan senang, ketertarikan siswa, dan keterlibatan siswa. Indikatir perhatian siswa memperoleh sebesar 56%. Sedangkan variabel motivasi dalam kategori tinggi, pada indikator motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik memperoleh 44%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepaktakraw di SD Negeri 2 Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan minat siswa masuk dalam kategori sedang dengan persentase memperoleh 48% dan motivasi siswa masuk dalam kategori tinggi dengan persentase 44%. Maka disarankan agar siswa pengurus atau dinas terkait agar memperbanyak pertandingan tingkat SD di Kabupaten Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi, Ekstrakurikuler, Sepaktakraw
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:27
Last Modified: 14 Nov 2022 03:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52951

Actions (login required)

View Item View Item