PENGARUH LATIHAN FREE THROW DENGAN METODE JARAK BERTAHAP DAN JARAK TETAP TERHADAP HASIL FREE THROW PADA PEMAIN BOLABASKET PUTRI SMP NEGERI 1 AMBARAWA


Ajeng Satria Dewi, 6101417009 (2021) PENGARUH LATIHAN FREE THROW DENGAN METODE JARAK BERTAHAP DAN JARAK TETAP TERHADAP HASIL FREE THROW PADA PEMAIN BOLABASKET PUTRI SMP NEGERI 1 AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417009 - Ajeng Satria Dewi v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tembakan free throw memiliki andil untuk sebuah tim dalam meraih poin, tembakan tersebut memiliki peluang yang besar terhadap keberhasilan mencetak poin, karena tidak ada halangan dari manapun pada saat melakukan tembakan free throw. Kenyataan yang terjadi di lapangan, kemampuan tim putri ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 1 Ambarawa dalam melakukan tembakan free throw masih kurang baik. Hal tersebut disebabkan karena ada faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah kurangnya variasi latihan tembakan free throw dari pelatih yang dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan peserta ekstrakurikuler terutama dalam hal menembak. Mengatasi permasalahan yang muncul, maka pada penelitian ini dilakukan variasi latihan free throw bagi peserta ekstrakurikuler putri bolabasket SMP Negeri 1 Ambarawa dengan latihan menggunakan metode jarak bertahap dan jarak tetap. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain two group pre test and post test design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta putri ekstrakurikuler bolabasket SMP N 1 Ambarawa yang berjumlah 12 siswa dan latihan yang dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu dengan total pertemuan sebanyak 16 kali latihan. Instrumen yang digunakan adalah tembakan free throw sebanyak 10 kali melakukan. Teknik analisis data menggunakan uji t-test (uji paired sampel t-test dan uji independen sampel t-test). Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh latihan menggunakan metode jarak bertahap terhadap hasil tembakan free throw peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 1 Ambarawa, dengan hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi 0.000 < 0.05, dan kenaikan persentase sebesar 20% (2) Ada pengaruh latihan menggunakan metode jarak tetap terhadap hasil tembakan free throw peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 1 Ambarawa, dengan nilai hasil analisis data diperoleh nilai signifikansi 0.043 < 0.05, dan kenaikan persentase sebesar 8% Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa latihan tembakan menggunakan metode jarak bertahap yang lebih baik untuk meningkatkan hasil free throw peserta ekstrakurikuler bolabasket SMP Negeri 1 Ambarawa, daripada latihan tembakan menggunakan metode jarak tetap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tembakan Jarak Bertahap, Jarak Tetap, Free Throw
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:23
Last Modified: 14 Nov 2022 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52950

Actions (login required)

View Item View Item