Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga, Kualitas Pelayanan Dosen Pembimbing, dan Komunikasi Interpersonal Dosen Pembimbing dan Mahasiswa terhadap Motivasi Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017)


Octavia Amilatus Solichatin, 7101417254 (2021) Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga, Kualitas Pelayanan Dosen Pembimbing, dan Komunikasi Interpersonal Dosen Pembimbing dan Mahasiswa terhadap Motivasi Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga, Kualitas Pelayanan Dosen Pembimbing, dan Komunikasi Interpersonal Dosen Pembimbing dan Mahasiswa terhadap Motivasi Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Unive] PDF (Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga, Kualitas Pelayanan Dosen Pembimbing, dan Komunikasi Interpersonal Dosen Pembimbing dan Mahasiswa terhadap Motivasi Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Unive) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi merupakan syarat wajib seorang mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjananya. Lama penyusunan skripsi setiap mahasiswa tentunya berbeda – beda hal ini disebabkan salah satunya perbedaan motivasi yang dimiliki mahasiswa. Hasil observasi awal pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017 diperoleh data bahwa motivasi mahasiswa dalam menyusun skripsi dapat dikatakan rendah. Permasalahan dalam peneltitian ini adalah sebanyak 224 mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2018 – 2020 mempunyai masa studi lebih dari 4 tahun, hal ini dapat diindikasikan bahwa salah satu faktor penyebabnya adalah rendahnya motivasi mahasiswa dalam menyusun skripsi. pipulasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017. Adapun responden yang digunakan dalam penelitian ini 159 mahasiswa, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan menggunakan probability sampling, serta menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu metode angket atau kuisioner. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Persamaan regresi dilihat dari Uji F-hitung sebesar 228,409 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga diperoleh persamaan regresi berganda dengan persamaan Y = 0,159 + 0,421 (X1) + 0,350 (X2) + 0,230 (X3) + e. Besarnya pengaruh secara simultan terhadap motivasi mahasiswa sebesar 81,2%. Secara parsial pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap motivasi mahasiswa sebesar 28,8%. Kualitas pelayanan dosen pembimbing terhadap motivasi mahasiswa berpengaruh sebesar 19,27%. Komunikasi interpersonal dosen pembimbing dan mahasiswa berpengaruh sebesar 8,06%. Simpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh secara simultan dan partial dukungan sosial keluarga, kualitas pelayanan dosen pembimbing, dan komunikasi interpersonal dosen dan mahasiswa terhadap motivasi mahasiswa. Adapun saran dari penelitian ini adalah cara meningkatkan dukungan sosial keluarga dengan cara menjalin hubungan baik dengan keluarga. Cara meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara menjalin hubungan baik dengan dosen pembimbing. Dan cara meningkatkan komunikasi interpersonal dengan menciptakan komunikasi yang baik antara keduanya seperti seringnya melakukan bimbingan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Dukungan Sosial, Kualitas Pelayanan, Komunikasi Interpersonal
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:18
Last Modified: 14 Nov 2022 03:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52949

Actions (login required)

View Item View Item