PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA DAN PRESTASI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN KERJA DI LUAR PROFESI GURU MELALUI KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri Semarang)


Dwi Risqiani Agustin, 7101417244 (2021) PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA DAN PRESTASI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN KERJA DI LUAR PROFESI GURU MELALUI KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA DAN PRESTASI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN KERJA DI LUAR PROFESI GURU MELALUI KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri Semarang)] PDF (PENGARUH DUKUNGAN KELUARGA DAN PRESTASI AKADEMIK TERHADAP KESIAPAN KERJA DI LUAR PROFESI GURU MELALUI KEPERCAYAAN DIRI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lulusan sarjana pendidikan di indonesia pada tahun 2016 sekitar 254.669 orang tidak sebanding dengan jumlah sarjana yang terserap dalam PPG dan jumlah kebutuhan guru. Berdasarkan permasalahan tersebut, lulusan sarjana pendidikan dituntut untuk memiliki kesiapan kerja di luar profesi guru. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah dukungan keluarga dan prestasi akademik berpengaruh terhadap kesiapan kerja di luar profesi guru pada mahasiswa pendidikan ekonomi UNNES, sekaligus menganalisis secara statistik apakah kepercayaan diri mampu memoderasi pengaruh dua variabel tersebut terhadap kesiapan kerja di luar profesi guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah 268 mahasiswa pendidikan ekonomi S1 UNNES angkatan 2017. Sampel diambil menggunakan rumus Slovin sebanyak 160 mahasiswa, teknik pengambilan sampel menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukan bahwa kesiapan kerja di luar profesi guru, prestasi akademik dan kepercayaan diri dalam kategori sangat tinggi dan dukungan keluarga dalam kategori tinggi. Selain itu hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa dukungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja di luar profesi guru sebesar 40%, prestasi akademik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja di luar profesi guru sebesar 4%. Kepercayaan diri mampu memperkuat pengaruh dukungan keluarga dan prestasi akademik terhadap kesiapan kerja di luar profesi guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dukungan keluarga dan prestasi akademik secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja di luar profesi guru. Kepercayaan diri mampu memperkuat pengaruh dukungan keluarga dan prestasi akademik terhadap kesiapan kerja di luar profesi guru. Saran dari penelitian ini keluarga diharapkan dapat memberikan informasi/gagasan mengenai pekerjaan di luar profesi guru kepada mahasiswa, dan jurusan diharapakan membekali mahasiswa tingkat akhir dengan cara mengadakan pembekalan karir dan memberikan informasi-informasi dunia kerja tidak hanya di bidang keguruan namun di luar profesi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Kerja di Luar Profesi Guru, Dukungan Keluarga, Prestasi Akademik, Kepercayaan Diri
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:11
Last Modified: 14 Nov 2022 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52948

Actions (login required)

View Item View Item