PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PENDAPATAN ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU DENGAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri Semarang)


Novia Isro’atul Mutiah, 7101417241 (2021) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PENDAPATAN ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU DENGAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PENDAPATAN ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU DENGAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 U] PDF (PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, PENDAPATAN ORANG TUA, DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT MENGIKUTI PENDIDIKAN PROFESI GURU DENGAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017 U) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kualitas profesional seorang guru. Namun, kuota PPG yang disediakan pemerintah terbatas, hal ini yang menyebabkan tidak semua mahasiswa lulusan pendidikan ekonomi dapat mengikuti PPG. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh lingkungan keluarga, pendapatan orang tua, dan lingkungan teman sebaya terhadap minat mengikuti PPG melalui praktik pengalaman lapangan sebagai variabel intervening pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2017. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2017 sebanyak 268 mahasiswa. Penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 161 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan propotional random sampling. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis jalur, dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga dan lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mengikuti PPG. Pendapatan orang tua dan praktik pengalaman lapangan tidak berpengaruh terhadap minat mengikuti PPG. Lingkungan keluarga dan lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap praktik pengalaman lapangan. Pendapatan orang tua tidak berpengaruh terhadap praktik pengalaman lapangan. Hasil pengaruh mediasi lingkungan keluarga, pendapatan orang tua, lingkungan teman sebaya tidak berpengaruh terhadap minat mengikuti PPG melalui praktik pengalaman lapangan. Simpulan penelitian ini adalah minat mahasiswa mengikuti PPG dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan lingkungan teman sebaya. Praktik pengalaman lapangan dipengaruhi oleh lingkungan keluarga dan lingkungan teman sebaya. Variabel Praktik pengalaman lapangan tidak dapat memediasi variabel lingkungan keluarga, pendapatan orang tua, dan lingkungan teman sebaya. Saran yang diberikan agar mahasiswa meningkatkan minatnya untuk mengikuti PPG dengan cara mengikuti seminar yang membahas PPG karena profesionalisme guru sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Pendapatan Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya, Minat Mengikuti PPG, Praktik Pengalaman Lapangan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Nov 2022 03:00
Last Modified: 14 Nov 2022 03:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52946

Actions (login required)

View Item View Item