PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ANAK TUNAGRHITA DI SLB NEGERI CENDONO KABUPATEN KUDUS


NIKEN RAHAYU FEBRIYANTI, 6101417005 (2021) PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ANAK TUNAGRHITA DI SLB NEGERI CENDONO KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6101417005 - Niken Febriyanti v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan di sekolah luar biasa untuk anak tunagrahita. Pendidikan tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak yang normal saja, tetapi juga bagi anak-anak yang mempunyai kecacatan atau keterbatasan. Berkaitan dengan pendidikan jasmani adaptif, perlu ditegaskan bahwa siswa yang memiliki kecacatan atau keterbatasan mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pendidikan dan pembelajaran dalam setiap jenjang pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran pendidikan jasmani adptif yang meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian untuk anak tunagrahita di SLB Negeri Cendono Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Memeriksa keabsahan data dengan kepercayaan, keteralihan, kebergatungan , dan kepastian. Menganalisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, da penarika kesimpulan. Hasil penelitian yang dijelaskan oleh guru pendidikan jasmani SLB Negeri Cendono Kabupaten Kudus meliputi proses perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran pada siswa tunagrahita. Proses perencanaan yang dilakukan guru pendidikan jasmani adaptif meliputi pembuatan silabus, RPP, bahan ajar, mempersiapkan media, dan instrument penilaian yang telah disesuaikan dengan kondisi siswa. Proses pelaskanaan pembelajaran dilaksanakan di dalam kelas dan di luar kelas atau lapangan sesuai situasi da kondisi saat pembelajaran berlangsung. Proses penilaian dilaksanakan tetap menggunakan tiga aspek yaitu afektif, kognitif dan psikomotorik. Kesimpulan dari proses pembelajaran pendidikan jasmani adaptif anak berkebutuhan khusus anak tungrahita di SLB Negeri Cendono Kabupaten Kudus yaitu: proses perencanaan sudah dalam kategori baik karena guru sudah menyiapkan semua perangkat pembelajaran, proses pelaksanaan dalam kategori baik walaupun proses pembelajaran dimodifikasi dan disesuaikan dengan kondisi siswa, untuk proses penilaian sudah dalam kategori baik karena penilaian tetap memuat tiga aspek yang telah disesuaikan dengan kondisi siswa, Saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru lebih mengembangkan model-model pembelajaran yang disesuaikan dengan ketunaan siswa, pemberian umpan balik yang mudah dipahami siswa, dan penelitian dapat dilakukan dalam ruang lingkup yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: proses pembelajaran, pendidikan jasmani , anak tunagrahita
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:56
Last Modified: 14 Nov 2022 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52945

Actions (login required)

View Item View Item