PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA, ORIENTASI MASA DEPAN, PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP SELF DIRECTED LEARNING MELALUI INTERNAL LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang)


Celine Amita Ramadhani, 7101417239 (2021) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA, ORIENTASI MASA DEPAN, PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP SELF DIRECTED LEARNING MELALUI INTERNAL LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA, ORIENTASI MASA DEPAN, PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP SELF DIRECTED LEARNING MELALUI INTERNAL LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2018] PDF (PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL ORANG TUA, ORIENTASI MASA DEPAN, PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP SELF DIRECTED LEARNING MELALUI INTERNAL LOCUS OF CONTROL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tingkat self directed learning memiliki peran penting bagi mahasiswa yang sedang belajar di perguruan tinggi karena proses pembelajaran di perguruan tinggi menuntut mahasiswa untuk menjadi orang yang aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dukungan sosial orang tua, orientasi masa depan dan penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap self directed learning dengan internal locus of control sebagai variabel moderasi pada mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi angkatan 2018 Universitas Negeri Semarang yang berjumlah 120 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh jumlah populasi yang berjumlah 120 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi masa depan dan penggunaan internet sebagai sumber belajar berpengaruh positif signifikan terhadap self directed learning. Sementara itu, dukungan sosial orang tua tidak berpengaruh terhadap self directed learning. Internal locus of control tidak mampu memoderasi pengaruh dukungan sosial orang tua, orientasi masa depan dan penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap self directed learning Simpulan penelitian ini adalah self directed learning mahasiswa Pendidikan Akuntansi 2018 hanya dipengaruhi oleh orientasi masa depan dan penggunaan internet sebagai media belajar. Variabel internal locus of control tidak dapat memperkuat pengaruh variabel dukungan sosial orang tua, orientasi masa depan dan penggunaan internet sebagai sumber belajar terhadap self directed learning. Saran yang diberikan berdasarkan penelitian ini adalah mahasiswa diharapkan untuk meningkatkan kemampuan self directed learning dengan mencari sumber belajar yang relevan serta mampu menganalisis kebutuhan belajarnya sendiri. Saran untuk peneliti selanjutnya yaitu diharapkan mampu mengembangkan variabel-variabel independen dan menghadirkan variabel moderasi lain yang diduga dapat berpengaruh pada self directed learning

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Directed Learning, Dukungan Sosial Orang Tua, Orientasi Masa Depan, Penggunaan Internet sebagai Sumber Belajar, Internal Locus of Control
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Nov 2022 02:30
Last Modified: 14 Nov 2022 02:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52933

Actions (login required)

View Item View Item