Analisis Sedimentasi Sungai Brungkah di Desa Karanggede, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan Dengan Metode USLE


Husamuddin Akhyar, 5113414019 (2021) Analisis Sedimentasi Sungai Brungkah di Desa Karanggede, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan Dengan Metode USLE. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of Analisis Sedimentasi Sungai Brungkah di Desa  Karanggede, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan Dengan Metode USLE] PDF (Analisis Sedimentasi Sungai Brungkah di Desa Karanggede, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan Dengan Metode USLE) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

DAS Sungai Brungkah merupakan salah satu DAS yang ada di Kabupaten Pacitan dengan luas 1.262 km2 . Secara administratif Sungai Brungkah sendiri berada di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Wonogiri. Banjir Bandang yang pernah terjadi di daerah Pacitan diakibatkan oleh longsoran pada lereng-lereng sungai yang masuk ke dalam aliran sungai. Sehingga menyebabkan rusaknya infrastruktur berupa gedung, rumah tinggal, jalan maupun jembatan yang terkena aliran banjir bandang ini. Pada penelitian ini, perhitungan besar erosi dan sedimentasi yang terjadi pada daerah DAS Sungai Brungkah menggunakan metode USLE (Univesal Soil Loss Equation) untuk menghitung besarnya erosi yang terjadi. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dengan metode USLE, maka diperoleh laju erosi total pada DAS Sungai Brungkah sebesar 107.063 tn/ha/thn atau 135114.595 tn/thn, dan jumlah sedimentasi sebesar 79479.173 m3 . Hasil analisis menunjukkan bahwa besar erosi yang terjadi pada DAS Sungai Brungkah masih tergolong kelas erosi sedang sesuai dengan klasifikasi kelas erosi yang ada dengan kiteria 60-180 ton/ha/tahun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: DAS, Erosi, USLE, Sedimentasi,Sungai Brungkah.
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 14 Nov 2022 01:48
Last Modified: 14 Nov 2022 01:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52932

Actions (login required)

View Item View Item