EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SPREADSHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN 4C SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 SEMARANG


Fatma Choirunnisa Widyaningrum, 7101417226 (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SPREADSHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN 4C SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SPREADSHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN 4C SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 SEMARANG] PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE SPREADSHEET DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN 4C SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kurang efektifnya pelaksanaan pembelajaran daring di sekolah kejuruan merupakan salah satu sebab kurang maksimalnya hasil belajar siswa. Pada masa pandemi pembelajaran praktik kewirausahaan sulit terlaksana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan google spreadsheet pada pembelajaran di masa pandemi dan peningkatan hasil belajar untuk mengembangkan keterampilan 4C pada siswa kelas XI BDP SMK Negeri 2 Semarang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI BDP 1 dan 2 SMK Negeri 2 Semarang sebanyak 60 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan nonequivalent control group design. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random atas anjuran dan kesepakatan guru mapel. Sehingga diperoleh kelas XI BDP 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI BDP 2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan hasil sebagai berikut: (1) berdasarkan analisis dengan uji Independent Sample T-Test diperoleh bahwa nilai signifikansi < 0,10 sehingga Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan google spreadsheet lebih efektif meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan model pembelajaran konvensional dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi. (2) berdasarkan penjabaran hasil pengamatan Model Project Based Learning (PjBL) berbantuan google spreadsheet dapat meningkatkan hasil belajar untuk mengembangkan keterampilan 4C siswa dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbantuan google spreadsheet efektif meningkatkan hasil belajar untuk mengembangkan keterampilan 4C siswa dan model PjBL lebih efektif dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada pembelajaran di masa pandemi. Saran yang diberikan adalah model PjBL berbantuan google spreadsheet dapat diterapkan guru sebagai salah satu variasi model dan media pembelajaran kewirausahaan sebagai solusi pembelajaran di masa pandemi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Google Spreadsheet, Hasil Belajar, Keterampilan 4C
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Nov 2022 01:45
Last Modified: 14 Nov 2022 01:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52930

Actions (login required)

View Item View Item