Variasi Teknik Pembelajaran Berbicara Bahasa Jawa SMP Se-Kecamatan Pati


Endah Puspita Santi , 2102407035 (2011) Variasi Teknik Pembelajaran Berbicara Bahasa Jawa SMP Se-Kecamatan Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Variasi Teknik Pembelajaran Berbicara Bahasa Jawa SMP Se-Kecamatan Pati]
Preview
PDF (Variasi Teknik Pembelajaran Berbicara Bahasa Jawa SMP Se-Kecamatan Pati) - Published Version
Download (724kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berbicara merupakan salah satu aspek dalam pembelajaran bahasa Jawa. Sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) bahasa Jawa tahun 2010, pembelajaran berbicara yang diajarkan di sekolah bertujuan agar siswa mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan dalam berbagai ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh. Agar tujuan pembelajaran bisa tercapai, diperlukan teknik yang tepat dan bervariasi dalam penyampaian materi sehingga peserta didik lebih mudah dalam menerima materi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah variasi teknik yang digunakan dalam pembelajaran berbicara bahasa Jawa yang digunakan di SMP Se-Kecamatan Pati serta tanggapan siswa terhadap teknik yang digunakan oleh guru tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dekriptif dengan pendekatan kuantitatif presentase. Metode deskriptif untuk mengetahui teknik apa saja yang digunakan oleh guru, pendekatan kuantitatif presentase untuk mengetahui presentase tanggapan siswa terhadap teknik yang digunakan oleh guru. Data dalam penelitian ini adalah data yang berupa teknik-teknik pembelajaran yang digunakan guru bahasa Jawa se-Kecamatan Pati dalam mengajarkan kompetensi berbicara dan jawaban kuesioner siswa mengenai tanggapan terhadap teknik yang digunakan oleh guru. Sumber data diperoleh dari wawancara dan data tertulis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik pilah dengan tahap verifikasi dan tahap analisis variasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan teknik yang digunakan oleh guru se-kecamatan Pati meliputi teknik meliputi teknik diskusi, seminar, bermain peran atau roll playing, bercerita, berpidato, menjawab pertanyaan, bertanya, melanjutkan cerita, menceritakan kembali, laporan pandangan mata, dan demonstrasi audio visual. Teknik tersebut digunakan oleh guru dalam pembelajaran berbicara yang memuat KD menceritakan pengalaman yang berkesan, berpidato, dan melakukan percakapan dengan orang yang lebih tua. Masing-masing guru mempunyai cara penerapan yang berbeda meskipun KD yang diajarkan kepada siswa sama. Secara keseluruhan, teknik yang digunakan oleh guru se-Kecamatan Pati mendapat tanggapan yang berbeda dari siswa. Teknik yang bisa dikembangkan dan paling inovatif dari hasil penelitian adalah teknik demonstrasi audio visual dan teknik bermain peran atau roll playing. Teknik tersebut mendapatkan tanggapan yang paling tinggi dari siswa. Siswa merasa sangat senang dengan pembelajaran yang kontekstual yang dapat merangsang siswa untuk belajar dan dapat mengembangkan kreatifitas siswa, serta teknik-teknik yang bisa membuat siswa bersemangat untuk mengikuti pembelajaran bahasa Jawa. Saran peneliti adalah sebaiknya guru bahasa Jawa bisa selektif dan mengkombinasikan teknik-teknik pembelajaran bahasa Jawa yang lebih kreatif dan inofatif sehingga siswa lebih senang mengikuti pembelajaran bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teknik Pembelajaran, Pembelajaran Berbicara Bahasa Jawa.
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Oct 2011 04:04
Last Modified: 25 Apr 2015 05:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5293

Actions (login required)

View Item View Item