PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI KANTOR KECAMATAN KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN


Nike Ardina Indrawati, 7101417213 (2021) PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI KANTOR KECAMATAN KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI KANTOR KECAMATAN KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN] PDF (PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN KOMPETENSI PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN MELALUI MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI KANTOR KECAMATAN KEDUNGWUNI KABUPATEN PEKALONGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas Pelayanan merupakan suatu kondisi dimana tercipta hubungan yang dinamis antara pengguna maupun pemberi layanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen yaitu disiplin kerja dan kompetensi pegawai terhadap variabel dependen yaitu kualitas pelayanan melalui motivasi kerja sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah masyarakat pengguna jasa pelayanan di kantor Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Sampel dalam penelitian ini adalah 116 responden yang dihitung dengan rumus iterasi dan ditentukan dengan teknik insidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket), wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji hipotesis, analisis jalur (path analysis) dan uji sobel dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 26. Hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi model I yaitu Y = 20,508 + 0,116 X1 + 0, 323 X2 + 0,196 M + 0,9732 dan persamaan regresi model II yaitu M = 40,106 + 0,219 X1 + 0,140 X2 + 0,992. Hasil penelitian ini menunjukan disiplin kerja berpengaruh dan tidak signifikan terhadap kualitas pelayanan, sedangkan kompetensi pegawai dan motivasi kerja berpengaruh langsung dan signifikan terhadap kualitas pelayanan. Selanjutnya disiplin kerja dan kompetensi pegawai berpengaruh langsung dan signifikan terhadap motivasi kerja. Hasil pengaruh mediasi menunjukkan disiplin kerja dan kompetensi pegawai berpengaruh terhadap kualitas pelayanan melalui motivasi kerja. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat satu hipotesis yang ditolak dan enam hipotesis diterima. Saran dari penelitian ini adalah (1) Instansi merubah dan meningkatkan disiplin kerja dengan bekerja sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP); (2) Instansi atau pimpinan memfasilitasi dengan mengadakan pelatihan dengan bantuan profesional trainer setiap beberapa bulan sekali kepada pegawai guna meningkatkan kemampuan diri serta para pegawai hendaknya saling membantu dengan berdiskusi ke rekan kerja guna mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan; (3) Instansi memperbaiki dan menambah sarana pendukung dan alat untuk pelayanan serta menyediakan transpotasi untuk dinas diluar kantor sehingga menambah motivasi untuk bekerja para pegawai; (4) Instansi mempercepat pelayanan agar pengunjung tetap mempercayakan kemampuan pelayanan para pegawai secara keseluruhan sehingga tercipta citra serta kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Kerja, Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan, dan Motivasi Kerja
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 14 Nov 2022 01:10
Last Modified: 14 Nov 2022 01:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52925

Actions (login required)

View Item View Item