PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING ENJOYMENT DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR PEMBELIAN SECARA ONLINE DENGAN PRODUCT BROWSING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018)


Uswatun Nur Khasanah, 7101417212 (2021) PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING ENJOYMENT DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR PEMBELIAN SECARA ONLINE DENGAN PRODUCT BROWSING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING ENJOYMENT DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR PEMBELIAN SECARA ONLINE DENGAN PRODUCT BROWSING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Neg] PDF (PENGARUH HEDONIC SHOPPING MOTIVATION, SHOPPING ENJOYMENT DAN PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSIVE BUYING BEHAVIOR PEMBELIAN SECARA ONLINE DENGAN PRODUCT BROWSING SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Neg) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil observasi awal terhadap mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 yang menunjukan bahwa 76% mahasiswa pernah melakukan impulsive buying. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hedonic shopping motivation, shopping enjoyment dan price discount terhadap impulsive buying behaviour dengan product browsing sebagai variabel moderasi pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Enkonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2018 yang pernah malakukan pembelian secara online. Jumlah sampel sebanyak 177 responden dengan teknik incidental sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Moderate Regression Analyze (MRA). Hasil Analisis deskriptif menunjukan impulsive buying behaviour, hedonic shopping motivation, shopping enjoyment, price discount dan product browsing dalam ketegori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh hedonic shopping motivation dan shopping enjoyment terhadap impulsive buying behavior serta tidak adanya pengaruh price discount dan product browsing terhadap impulsive buying behavior. Penelitian ini menunjukan tidak adanya pengaruh hedonic shopping motivation terhadap impulsive buying behavior dengan product browsing sebagai variabel moderasi. Tidak adanya pengaruh shopping enjoyment terhadap implusive buying behavior dengan product browsing sebagai variabel moderasi. Adanya pengaruh price discount terhadap impluse buying behavior dengan product browsing sebagai variabel moderasi. Simpulan dari penelitian ini adalah variabel hedonic shoppig motivation dan shopping enjoyment mampu mempengaruhi impulsive buying behavior. Variabel price discount dan product browsing tidak mampu mempengaruhi impulsive buying behavior. Variabel product browsing tidak mampu mempengaruhi variabel hedonic shopping motivation dan shopping enjoyment terhadap impulsive buying behavior, namun product browsing mampu memoderasi variabel price discount terhadap impulsive buying behavior.Saran untuk mahasiswa adalah agar dapat membuat skala prioritas kebutuhanya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, agar dapat mengurangi impluse buying behavior dan mengurangi melakukan product browsing barang-barang pada toko online agar tidak tergiur membeli suatu produk yang tidak di butuhkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hedonic Shopping Motivation, Shopping Enjoyment, Price Discount, Product Browsing, Impulsive Buying Behaviour.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Nov 2022 05:28
Last Modified: 11 Nov 2022 05:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52924

Actions (login required)

View Item View Item