PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN PENDAPATAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN : FINANCIAL SELFEFFICACY SEBAGAI INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)


Sekar Arum Wulansari, 7101417211 (2021) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN PENDAPATAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN : FINANCIAL SELFEFFICACY SEBAGAI INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN PENDAPATAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN : FINANCIAL SELFEFFICACY SEBAGAI INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)] PDF (PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN DAN PENDAPATAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN : FINANCIAL SELFEFFICACY SEBAGAI INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas membuat mahasiswa harus mengontrol keuangan pribadinya agar semua kebutuhan dapat terpenuhi. Namun, seringkali keinginan yang tidak terduga menimbulkan perilaku keuangan yang buruk, hal tersebut seringkali membuat mahasiswa mengalami kegagalan dalam melakukan pengelolaan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan dan pendapatan terhadap perilaku keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui financial self-efficacy. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018 sejumlah 1028. Sampel yang digunakan diperoleh menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel ditemukan sebanyak 288 mahasiswa. Variabel dalam penelitian yaitu perilaku keuangan sebagai variabel dependen, literasi keuangan, sikap keuangan dan pendapatan sebagai variabel independen, serta financial self-efficacy sebagai intervening. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah proportional random sampling. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukan sikap keuangan, pendapatan dan financial selfefficacy secara langsung berpengaruh positif terhadap perilaku keuangan sedangkan untuk literasi keuangan menunjukan hasil tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan. Sementara itu, literasi keuangan, sikap keuangan serta pendapatan berpengaruh positif terhadap financial self-efficacy. Untuk hasil pengaruh mediasi ditemukan hasil bahwa literasi keuangan dan pendapatan tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan melalui financial self-efficacy, sedangkan untuk variabel sikap keuangan berpengaruh positif terhadap perilaku keuangan melalui financial selfefficacy. Simpulan dalam penelitian ini adalah sikap keuangan, pendapatan dan financial self-efficacy berpengaruh terhadap perilaku keuangan. Financial self-efficacy telah berhasil memediasi sikap keuangan terhadap perilaku keuangan, akan tetapi tidak berhasil memediasi literasi keuangan dan pendapatan terhadap perilaku keuangan. Saran penelitian ini yaitu mahasiswa mempunyai perilaku keuangan yang lebih bijak dalam melakukan pengelolaan keuangan agar terhindar dari kegagalan keuangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Keuangan, Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, Pendapatan, Financial Self-Efficacy
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Nov 2022 05:22
Last Modified: 11 Nov 2022 05:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52923

Actions (login required)

View Item View Item