PERBANDINGAN ANALISIS KLASTER K-MEANS DAN AVERAGE LINKAGE UNTUK MENGELOMPOKKAN PROVINSI DI INDONESIA BERDASARKAN PENERIMAAN SINYAL TELEPON TAHUN 2020


Alda Aqdam Zulfikar, 4112318005 (2021) PERBANDINGAN ANALISIS KLASTER K-MEANS DAN AVERAGE LINKAGE UNTUK MENGELOMPOKKAN PROVINSI DI INDONESIA BERDASARKAN PENERIMAAN SINYAL TELEPON TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112318005 - Alda Aqdam Zulfikar v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada era modern seperti saat ini penggunaan alat komunikasi seperti telepon sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari setiap orang. Pada penelitian ini akan dibahas mengenai perbandingan analisis klaster K-Means dan Average Linkage untuk mengelompokkan Provinsi di Indonesia berdasarkan penerimaan sinyal telepon. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah mengetahui hasil klaster yang terbentuk dari analisis klaster K-Means dan Average Linkage untuk mengelompokkan Provinsi di Indonesia berdasarkan penerimaan sinyal telepon tahun 2020 dan juga mengetahui perbandingan hasil analisis klaster K-Means dan Average Linkage. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder dari buku Statistik Indonesia 2021 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik Indonesia. Objek penelitian yang dipakai adalah 34 Provinsi di Indonesia. Pada penelitian ini digunakan beberapa variabel diantaranya Rumah tangga yang memiliki/menguasai telepon tetap kabel, Penduduk usia 5 tahun ke atas yang memiliki telepon selular, Desa/Kelurahan yang menerima sinyal internet 3G/H/H+/EVDO dan 4G/LTE, Desa/Kelurahan yang menerima sinyal internet 2,5G/E/GPRS dan Desa/Kelurahan yang tidak menerima sinyal internet telepon seluler. Data dianalisis menggunakan software R Studio. Dari hasil analisis klaster dengan metode K-Means mengelompokkan Provinsi menjadi 4 klaster, sedangkan metode Average Linkage mengelompokkan Provinsi menjadi 2 klaster. Tingkat kebaikan klaster ditinjau dari silhouette coefficient yang terbentuk, nilai silhouette coefficient yang terbentuk menggunakan metode Average Linkage adalah 0,53, nilai tersebut lebih tinggi dibandingkan nilai silhouette coefficient yang terbentuk menggunakan metode K-Means yaitu 0,41, sehingga dapat disimpulkan bahwa Average Linkage adalah metode terbaik untuk mengelompokkan Provinsi di Indonesia berdasarkan penerimaan sinyal telepon tahun 2020.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Klaster, K-Means, Average Linkage, Telepon Selular, Sinyal Internet, Sinyal Telepon, Silhouette Coefficient.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 11 Nov 2022 04:07
Last Modified: 11 Nov 2022 04:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52916

Actions (login required)

View Item View Item