ANALISIS JALUR UNTUK MENGETAHUI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN DENGAN VARIABEL ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING


Dedy Kurnianto, 4112318002 (2021) ANALISIS JALUR UNTUK MENGETAHUI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA KARYAWAN DENGAN VARIABEL ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4112318002 - Dedy Kurnianto v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja dari seorang karyawan harus diperhatikan dalam mengerjakan tugas yang telah diberikan karena akan berdampak pada hasil pekerjaannya. Untuk melihat kinerja seorang ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhinya yaitu motivasi kerja, kepuasan kerja, lingkungan kerja, dan disiplin kerja, dan Organizational Citizenship Behavior. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, disiplin kerja, kepuasan kerja, dan lingkungan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, kepuasan kerja, lingkungan kerja, dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan melalui Organizational Citizenship Behavior serta untuk mencari model terbaik yang dapat digunakan dalam menganalisis pengaruh variabel tersebut dengan kinerja karyawan. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan kuesioner atau angket yang diberikan kepada karyawan BPPKAD Kabupaten Rembang dan sampel yang digunakan adalah 79 karyawan dari total populasi sebanyak 99 karyawan. Pengukuran yang digunakan setalah didapatkan data adalah pengujian validitas dan reliabilitas data. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis jalur yang merupakan pengembangan dari analisis regresi berganda. Sebelum analisis jalur dilakukan, perlu menganalisis asumsi klasik diantaranya adalah uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, dan uji autokorelasi. Pengujian metode dari pengujian validitas dan reliabilitas sampai dapat menentukan model terbaik menggunakan software R Studio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja dan kepuasan kerja tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior namun untuk lingkungan kerja dan disiplin kerja mempengaruhi secara signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior. Selain itu, penelitian ini juga memperoleh hasil yang menunjukan Organizational Citizenship Behavior dapat memediasi variabel lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dikarenakan hasil dari pengaruh tidak langsung > pengaruh langsung. Sedangkan untuk model terbaik yang didapatkan adalah model II yang telah direduksi variabel independennya dapat menjadi model terbaik untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Kerja, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Organizational Citizenship Behavior, Kinerja Karyawam, Analisis Jalur, RStudio.
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 11 Nov 2022 04:00
Last Modified: 11 Nov 2022 04:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52915

Actions (login required)

View Item View Item