PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LOCUS OF CONTROL, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MELALUI FINANCIAL SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES Tahun Angkatan 2018)


Pertiwi Mega Wening, 7101417210 (2021) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LOCUS OF CONTROL, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MELALUI FINANCIAL SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES Tahun Angkatan 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LOCUS OF CONTROL, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MELALUI FINANCIAL SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES Tahun Angkatan 2018)] PDF (PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LOCUS OF CONTROL, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU KEUANGAN MELALUI FINANCIAL SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNNES Tahun Angkatan 2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Sejak akhir tahun 2019 virus corona melanda dunia, termasuk Indonesia. Selama masa pandemi trend belanja online meningkat. Kemudahan akses dalam memperoleh barang dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan serta keinginan menyebabkan masyarakat mengeluarkan uang secara tidak rasional. Hal ini mengakibatkan masyarakat akan memiliki gaya hidup konsumtif. Tingginya perilaku konsumtif serta perilaku keuangan yang buruk pada akhirnya akan menyebabkan kegagalan finansial. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh literasi keuangan, locus of control, dan kepribadian terhadap perilaku keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung melalui financial self-efficacy. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2018 sejumlah 350 mahasiswa. Unit analisis dalam penelitian ini adalah perilaku keuangan pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi tahun 2018. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan secara langsung literasi keuangan dan locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku keuangan, sedangkan kepribadian tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan. Sementara itu, literasi keuangan dan locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial self-efficacy. Hasil pengaruh mediasi literasi keuangan dan locus of control berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial selfefficacy. Simpulan penelitian ini adalah literasi keuangan dan locus of control berpengaruh terhadap perilaku keuangan, sedangkan kepribadian tidak berpengaruh terhadap perilaku keuangan. Financial self-efficacy berhasil memediasi literasi keuangan dan locus of control. Saran penelitian ini mahasiswa tetap meingkatkan pengetahuan serta pemahaman mereka tentang keuangan, mulai berinvestasi dari sekarang, dan mengaplikasikan ilmu tentang keuangan yang telah didapatkan semasa kuliah dalam kehidupan sehari-hari sehingga tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjang mereka dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Keuangan, Literasi Keuangan, Locus of Control, Kepribadian, Financial Self-efficacy
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 11 Nov 2022 05:00
Last Modified: 11 Nov 2022 05:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52906

Actions (login required)

View Item View Item