PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KONTEKSUAL DAN KREATIVITAS TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA MELALUI NIAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Anggota HIPMI UNNES dan HIPMI UNDIP)


Afifah Nurul Izzah, 7101417203 (2021) PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KONTEKSUAL DAN KREATIVITAS TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA MELALUI NIAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Anggota HIPMI UNNES dan HIPMI UNDIP). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KONTEKSUAL DAN KREATIVITAS TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA MELALUI NIAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Anggota HIPMI UNNES dan HIPMI UNDIP)] PDF (PENGARUH SIKAP KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KONTEKSUAL DAN KREATIVITAS TERHADAP PERILAKU BERWIRAUSAHA MELALUI NIAT BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Anggota HIPMI UNNES dan HIPMI UNDIP)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku berwirausaha adalah perilaku ideal yang semestinya ditunjukkan oleh individiu ketika berwirausaha. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh Sikap Kewirausahaan, Lingkungan Kontekstual, dan Kreativitas Terhadap Perilaku Berwirausaha, serta mengetahui pengaruh mediasi Niat Berwirausaha terhadap Perilaku Berwirausaha pada mahasiswa yang tergabung dalam HIPMI UNNES dan UNDIP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa yang tergabung dalam HIPMI UNNES dan UNDIP. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 100 mahasiswa yang tergabung dalam HIPMI UNNES dan UNDIP. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji cobakan sebelumnya dengan jumlah 63 item pernyataan. Metode analisis data adalah dengan analisis nilai indeks dan Partial Least Square - Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan program Warp PLS 7.0. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengaruh Sikap Kewirausahaan, Lingkungan Kontekstual, Kreativitas, Perilaku Berwirausaha, dan Niat Berwirausaha mahasiswa yang tergabung HIPMI UNNES dan UNDIP berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap Kewirausahaan dan Lingkungan Kontekstual berpengaruh terhadap Perilaku Berwirausaha serta Niat Berwirausaha. Niat berwirausaha juga terbukti mampu memediasi pengaruh Sikap Kewirausahaan dan Lingkungan Kontekstual berpengaruh terhadap Perilaku Berwirausaha. Berdasarkan hasil penelitian di atas, saran dalam mempertahankan dan meningkatkan Perilaku Berwirausaha mahasiswa adalah dengan aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan, pelatihan, maupun seminar kewirausahaan yang diselenggarakan oleh HIPMI. Bagi pihak universitas diharapkan mampu menyediakan saran prasarana dan lingkungan yang mampu meningkatkan kemampuan berwirausaha mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Berwirausaha, HIPMI, Niat Berwirausaha, Sikap Kewirausahaan, Lingkungan Kontekstual, and Kreativitas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:57
Last Modified: 10 Nov 2022 07:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52895

Actions (login required)

View Item View Item