Pengaruh Hedonic Value, Utilitarian Value, dan Sales Promotion Terhadap Impulsive Buying dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018


Viki Voaddah, 7101417196 (2021) Pengaruh Hedonic Value, Utilitarian Value, dan Sales Promotion Terhadap Impulsive Buying dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Hedonic Value, Utilitarian Value, dan Sales Promotion Terhadap Impulsive Buying dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018] PDF (Pengaruh Hedonic Value, Utilitarian Value, dan Sales Promotion Terhadap Impulsive Buying dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa Universitas Negeri Semarang Angkatan 2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Impulsive buying merupakan pembelian yang dilakukan secara tiba-tiba dan tanpa adanya perencanaan sebelumnya. pembelian ini dilakukan dengan keputusan yang cepat dan cenderung berkeinginan untuk memiliki barang secara cepat. Berdasarkan data IPrice bahwa masyarakat Indonesia menjadi negara pengakses aplikasi belanja terbanyak di Asia Tenggara. The Conference board global consumer confidence survey, in collaborate with Nielsen menunjukan adanya peningkatan niat berbelanja barang yang di inginkan pada tahun berikutnya. Tujuan penelitian adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh hedonic value, utilitarian value, dan sales promotion terhadap impulsive buying melalui positive emotion sebagai variabel intervening pada Mahasiswa UNNES Angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan pendektan kuantitatif. Populasi penelitian adalah Mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang pernah melakukan pembelian online di Shoppe dengan menggunakan Shopeepay dan Shopeepay Later. Jumlah sampel sebanyak 380 responden dengan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data adalah analisis deskriptif, analisis jalur dan sobel test dengan bantuan program SPSS statistic 25. Hasil analisis deskriptif menunjukan impulsive buying, hedonic value, utilitarian value dan positive emotion dalam kategori tinggi, sedangkan sales promotion masuk kriteria sedang. Hasil menunjukan bahwa tidak adanya pengaruh antara utilitarian value dan sale promotion terhadap impulsive buying. Ada pengaruh hedonic value dan positive emotion terhadap impulsive buying. Ada pengatuh hedonic value, utilitarian value dan sales promotion terhadap positive emotion. Hasil penelitian juga menunjukan adanya pengaruh hedonic value, utilitarian value, dan sales promotion terhadap impulsive buying melalui positive emotion sebagai variabel intervening. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh positif dan signifikan hedonic value, utilitarian value, dan sales promotion terhadap impulsive buying melalui positive emotion. Saran untuk mahasiswa adalah membuat skala prioritas, mampu mengendalikan mood pada saat pembelian, serta mengubah gaya hidup yang hedonis untuk mengurangi pembelian impulsif saat belanja online

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hedonic Value, Utilitarian Value, Sales Promotion, Positive Emotion, Impulsive Buying
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:51
Last Modified: 10 Nov 2022 07:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52894

Actions (login required)

View Item View Item