Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP 4 Kudus Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Segiempat Dengan Panduan Kriteria Polya


Noor Qomarudin Malik , 4101406008 (2011) Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP 4 Kudus Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Segiempat Dengan Panduan Kriteria Polya. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP 4 Kudus Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Segiempat Dengan Panduan Kriteria Polya]
Preview
PDF (Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP 4 Kudus Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Segiempat Dengan Panduan Kriteria Polya) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

pelajaran matematika adalah materi geometri karena membutuhkan pemikiran dan penalaran yang kritis serta memerlukan abstraksi yang logis. Mengingat pentingnya materi geometri khususnya segiempat, maka diperlukan suatu pendekatan agar materi dapat terserap oleh siswa. Hal itu dapat diapresiasikan dengan pendekatan langkah-langkah Polya.Berdasarkan hal tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Di mana letak tahap kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan segiempat dengan panduan kriteria Polya dan apa penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal tersebut? 2) Berapakah besar prosentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan segiempat? Subyek penelitian diambil 6 siswa dari 40 siswa kelas VII-G SMP 4 KUDUS, Pengambilan subjek penelitian didasarkan pada ranking siswa yang melakukan kesalahan dari hasil tes. Tes yang digunakan berbentuk uraian sebanyak 6 soal. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil verifikasi diperoleh data pada soal nomor satu kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan konsep sebesar 66.67%, pada soal nomor dua kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan penggunaan data sebesar 16.67%, pada soal nomor tiga kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan konsep dan penggunaan data sebesar 66.67%, pada soal nomor empat kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan konsep sebesar 83.33%, pada soal nomor lima kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa adalah kesalahan teknis sebesar 66.67%, pada soal nomor enam kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan interpretasi bahasa sebesar 16,67%. Saran dalam penelitian ini adalah untuk mengurangi banyaknya kesalahan siswa yang disebabkan oleh kesalahan konsep, kesalahan penggunaan data dan kesalahan teknis, maka guru perlu menekankan konsep materi segiempat serta memberikan latihan yang lebih banyak kepada siswa agar siswa terbiasa mengerjakan soal dengan benar dan cepat, analisis mengenai kesalahan siswa dalam mengerjakan materi segi empat, dapat dilakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan metode analisis Watson.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesalahan, Segiempat, Kriteria Polya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 04 Oct 2011 03:59
Last Modified: 25 Apr 2015 05:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/5289

Actions (login required)

View Item View Item