Hubungan Antara Keaktifan Berorganisasi Dengan Tingkat Perilaku Prososial Mahasiswa Pengurus PMII UNNES Tahun 2020


Anwar Sutoyo, - Hubungan Antara Keaktifan Berorganisasi Dengan Tingkat Perilaku Prososial Mahasiswa Pengurus PMII UNNES Tahun 2020. JCOBE Jurnal Bimbingan Konseling.

[thumbnail of 17. Hubungan antara Keaktifan Berorganisasi dengan Tingkat Perilaku Prososial Mahasiswa Pengurus PMII UNNES Tahun 2020 - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (391kB)

Abstract

Berdasarkan fenomena yang ada dalam organisasi mahasiswa PMII UNNES ditemukan bahwa perilaku prososial mahasiswa pengurus PMII UNNES sudah baik, namun terdapat pengurus dengan tingkat perilaku prososial yang rendah yang dilakukan ketika diluar organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keaktifan berorganisasi dengan tingkat perilaku prososial. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data dalam penelitian ini adalah Teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini sampelnya adalah seluruh mahasiswa pengurus PMII UNNES tahun 2020 yang berjumlah 63 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukakn dengan cara pre-test dan post-test dengan menggunakan skala keaktifan berorganisasi dan skala prososial. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan menggunakan rumus korelasi product moment yang dikemukakan oleh Karl Pearson yaitu rumus Pearson Correlation. Hasil penelitian menghasilkan koefisien korelasi (r) = 0,512 dan p = 0,915 > 0,05 yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara keaktifan berorganisasi dengan tingkat perilaku prososial mahasiswa pengurus PMII UNNES tahun 2020.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perilaku Prososial, Keaktifan Berorganisasi, Mahasiswa
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:50
Last Modified: 10 Nov 2022 06:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52883

Actions (login required)

View Item View Item