ANALISIS DISPLACEMENT STRUKTUR PERKERASAN KAKU MENGGUNAKAN ALAT ACCELEROMETER PADA JALAN HR. HADIYANTO KOTA SEMARANG


Iqbal Rizki, .5111417085 (2021) ANALISIS DISPLACEMENT STRUKTUR PERKERASAN KAKU MENGGUNAKAN ALAT ACCELEROMETER PADA JALAN HR. HADIYANTO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of ANALISIS DISPLACEMENT STRUKTUR PERKERASAN KAKU MENGGUNAKAN ALAT  ACCELEROMETER PADA JALAN HR. HADIYANTO  KOTA SEMARANG] PDF (ANALISIS DISPLACEMENT STRUKTUR PERKERASAN KAKU MENGGUNAKAN ALAT ACCELEROMETER PADA JALAN HR. HADIYANTO KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jalan raya adalah salah satu sarana transportasi darat terpenting, maka dari itu desain perkerasan jalan yang baik dan nyaman adalah suatu hal yang wajib. Kendaraan yang melintas diatas permukaan struktur perkerasan jalan akan mengakibatkan displacement/deformasi. Jika mengalami displacement/deformasi secara terus menerus dalam nilai yang besar maka struktur jalan akan mengalami kerusakan lebih cepat dari yang direncanakan. Salah satu metode untuk mengetahui nilai deformasi adalah Structural Health Monitoring System (SHMS). Perlu adanya pengujian menggunakan menggunakan sensor Accelerometer untuk mendeteksi percepatan getaran yang terjadi distruktur perkerasan jalan akibat beban dinamis kendaraan yang melintas. Dari data real tersebut akan didapat nilai percepatan getaran kendaraan yang melintas diatas permukaan perkerasan jalan. Data tersebut akan diolah di software Ms. Excel. Selanjutnya data tersebut akan digunakan untuk mencari nilai deformasi atau displacement kendaraan yang melintas diatas permukaan struktur jalan. Dari penelitian ini displacement yang paling besar pada axis X sebesar 2,4911 x 10-5 m ketika dilintasi kendaraan beriringan mobil Avanza dengan motor Beat, displacement yang paling besar pada axis Y sebesar 2,4969 x 10-5 m ketika dilintasi kendaraan beriringan mobil Avanza dengan motor Beat, displacement yang paling besar pada axis Z sebesar 1,9833 x 10-5 m ketika dilintasi kendaraan beriringan mobil Avanza dengan motor Beat. Dari hasil analisis displacement menggunakan data percepatan getaran kendaraan yang dihasilkan sensor accelerometer nilai displacement yang paling kecil pada axis X sebesar 3,61 x 10-6 m ketika dilintasi kendaraan tidak beriringan yaitu motor Beat, displacement yang paling kecil pada axis Y sebesar 5,76 x 10-6 m ketika dilintasi kendaraan tidak beriringan yaitu motor Beat, dan displacement yang paling kecil pada axis Z sebesar 6,25 x 10-6 m ketika dilintasi kendaraan tidak beriringan yaitu motor Beat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Perkerasan Jalan, Accelerometer, Percepatan, Displacement
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:53
Last Modified: 10 Nov 2022 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52878

Actions (login required)

View Item View Item