PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI DAN METODE FUZZY SUGENO DALAM PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI (Studi Kasus: Pabrik Jenang Menara Kudus)


Khaerunissa Muflihunna, 4111417001 (2021) PENERAPAN METODE FUZZY MAMDANI DAN METODE FUZZY SUGENO DALAM PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI (Studi Kasus: Pabrik Jenang Menara Kudus). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111417001 - Khaerunissa Muflihunna v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PJ Menara Kudus merupakan salah satu pabrik yang memproduksi jenang kudus dengan merk ”Menara”. Jenis jenang yang diproduksi terdiri dari beberapa rasa yaitu jenang kombinasi, jenang wijen, jenang spesial, jenang original dan jenang susu. Namun pada penelitian ini, hanya digunakan jenis jenang kombinasi dan jenang wijen. Penentuan jumlah produksi jenang tidaklah asal mematok jumlah, namun dengan melihat permintaan konsumen berubah-ubah dan persediaan yang tidak menentu. Oleh karena itu, pabrik akan memproduksi produk dengan jumlah yang berbeda setiap bulannya. Metode pada penelitian ini menerapkan metode studi pustaka dan wawancara di PJ Menara Kudus. Sedangkan metode yang digunakan dalam penentuan jumlah produksi yaitu metode fuzzy Mamdani dan metode fuzzy Sugeno dengan bantuan software Matlab R2018b. Penerapan kedua metode tersebut digunakan untuk membandingkan hasil perhitungan dalam penentuan jumlah produksi jenang, berdasarkan nilai MAPE. Simpulan yang diperoleh adalah (1) Metode fuzzy Mamdani dan metode fuzzy Sugeno dapat diterapkan dalam menentukan jumlah produksi jenang berdasarkan data permintaan, persediaan, bahan baku, dan produksi setiap bulan pada PJ Menara Kudus (2) Hasil pengolahan data diperoleh nilai MAPE untuk produk jenang kombinasi menggunakan metode fuzzy Mamdani sebesar 2,4 % sedangkan dengan metode fuzzy Sugeno sebesar 10,2 %, serta nilai MAPE untuk produk jenang wijen menggunakan metode fuzzy Mamdani sebesar 6,8 %, sedangkan dengan metode fuzzy Sugeno sebesar 9 %. Berdasarkan hasil yang diperoleh, nilai MAPE metode fuzzy Mamdani kurang dari metode fuzzy Sugeno. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode fuzzy Mamdani lebih akurat dibanding dengan metode fuzzy Sugeno dalam menentukan jumlah produksi jenang di PJ Menara Kudus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Mamdani, Fuzzy Sugeno, MAPE, Penentuan jumlah produksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:40
Last Modified: 10 Nov 2022 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52876

Actions (login required)

View Item View Item