Hubungan antara Ketaatan Beragama dengan Karakter Jujur di SMA Islam YMI Wonopringgo


Anwar Sutoyo, - Hubungan antara Ketaatan Beragama dengan Karakter Jujur di SMA Islam YMI Wonopringgo. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application.

[thumbnail of 14. Hubungan antara Ketaatan Beragama dengan Karakter Jujur di SMA Islam YMI Wonopringgo - KUSDIYANTO UNNES.pdf] PDF
Download (334kB)

Abstract

Jujur yaitu mengatakan apa adanya, apa yang diucapkan sesuai dengan perilaku- nya. Salah satu ciri-ciri seorang muslim yang taat terhadap agamanya yaitu den- gan berperilaku jujur Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan ketaatan beragama seseorang dengan karakter jujur yang ada di SMA Islam YMI Wonopringgo. Penelitian ini menggunakan kuantitatif korelasional. Pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Populasi dari penelitian ini adalah siswa SMA Islam YMI Wonopringgo, dengan sampel sebanyak 115 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probability sampling. Ana- lisis deksriptif dan analisis korelasi product moment menujukkan hasil yang signifikansi (r= 0.597, p<0.01) Jadi dapat dinyatakan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara ketaatan beragama dengan karakter jujur.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: adjustment; social independ- ence; students’ perceptions of social information services
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 10 Nov 2022 06:39
Last Modified: 10 Nov 2022 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52875

Actions (login required)

View Item View Item