ANALISIS HUBUNGAN PROFIL DOSEN, KARYAWAN DAN MAHASISWA DENGAN FREKUENSI PERJALANAN SEBELUM DAN KETIKA PANDEMI COVID-19 MENUJU KE KAMPUS UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG
Supriyanto, 5111417084 (2021) ANALISIS HUBUNGAN PROFIL DOSEN, KARYAWAN DAN MAHASISWA DENGAN FREKUENSI PERJALANAN SEBELUM DAN KETIKA PANDEMI COVID-19 MENUJU KE KAMPUS UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.
PDF (ANALISIS HUBUNGAN PROFIL DOSEN, KARYAWAN DAN MAHASISWA DENGAN FREKUENSI PERJALANAN SEBELUM DAN KETIKA PANDEMI COVID-19 MENUJU KE KAMPUS UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Dimasa pandemi ini pemerintah memberlakukan PSBB (Pembatasan Sosisal Bersekala Besar) sehingga aktivitas lapangan diwajibkan dilakukan dari rumah. Dalam menangani virus COVID-19 baru pertama kali diterapkan yang sebelumnya belum pernah terjadi untuk membatasi aktivistas setiap orang dengan berjaga jarak dan menhindari kerumunan untuk memutus penyebaran virus tersebut. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil, karakteristik perjalanan dan hubungan karakteristik perjalanan dengan frekuensi perjalanan sebelum dan ketika pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menyebar kuesioner kepada dosen, karyawan dan mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji wilcoxon signed rank test dan tabulasi silang. Dari hasil penelitian ini, berdasarkan profil responden yang meliputi, dosen, karyawan dan mahasiswa rata-rata memiliki kendaraan pribadi yaitu sepeda motor. Berdasarkan hasil dari data karakteristik perjalanan dengan adanya pandemi Covid�19 berlangsung terjadi perubahan karakeristik perjalanan. Untuk penggunaan moda yang digunakan oleh responden sebagian besar menggunakan sepeda motor, dari dosen memilih alasan keamanan mengalami perubahan sebesar 7,50%, dari responden karyawan memilih alasan kecepatan mengalami perubahan sebesar 2,50%, sedangkan dari responden mahasiswa memilih alasan keamanan mangalami perubahan sebesar 10,0%. Adanya kebijakan WFH (work from home) membuat frekuensi ke kampus maupun non kampus sebelum dan ketika pandemi dan biaya transportasi mengalami perubahan, sehingga terjadi perubahan pada biaya kuota internet karena sebagian kegiatan kampus dilakukan secara daring atau online. Hasil dari tabel chi square antara frekuensi perjalanan sebelum dan ketika Covid�19 dengan profil dosen, karyawan dan mahasiswa yang mempengaruhi frekuensi perjalanan, variabel yang memiliki hubungan yaitu kendaraan pribadi sebelum dan ketika pandemi, alasan ketika dan sebelum pandemi, alamat asal dan alamat semarang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Deskriptif, Analisis Silang, Covid-19, karakteristik Perjalanan |
Subjects: | T Technology > TYA Teknik Sipil |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 06:39 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 06:39 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52860 |
Actions (login required)
View Item |