ANALISIS CAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK TUNARUNGU KELAS TKLB DALAM PEMBELAJARAN ELEKTRONIK (E-LEARNING) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO


Nur Ahsani, 1601417070 (2021) ANALISIS CAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK TUNARUNGU KELAS TKLB DALAM PEMBELAJARAN ELEKTRONIK (E-LEARNING) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417070 - Nur Ahsani v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui faktor yang mempengaruhi capaian perkembangan anak tunarungu kelas TKLB dalam pembelajaran elektronik (e-learning) pada masa pandemi Covid-19 di SLB Negeri 1 Kulon Progo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian terdiri dari 2 guru, 2 anak tunarungu, dan orang tua (ayah dan ibu) anak tunarungu. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu data reduction, data display, dan conclusions. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan pengamatan berulang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) capaian perkembangan anak tunarungu sebagian besar belum berkembang. Hal ini terlihat dari enam aspek perkembangan yang digunakan, dimana sebagian besar sub indikatornya belum tercapai oleh Z dan B, dan 2) faktor yang mempengaruhi capaian perkembangan anak tunarungu, yaitu a) faktor penghambatnya adalah suasana hati anak, sarana dan prasarana pembelajaran yang kurang memadai, serta proses pembelajaran tidak dapat berlangsung secara interaktif, dan b) faktor pendukungnya adalah adanya kerjasama antara guru dan orang tua. Dimana guru berperan sebagai perencana kegiatan dan penilai hasil pembelajaran, sedangkan untuk pelaksana atau pendamping pembelajaran dikerjakan oleh orang tua di rumah masing-masing peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Capaian Perkembangan Anak, Anak Tunarungu, Pembelajaran Elektronik (E-Learning), dan Pandemi Covid-19.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:22
Last Modified: 10 Nov 2022 03:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52848

Actions (login required)

View Item View Item