PENGARUH PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA TERHADAP PEMENUHAN HAK KESEHATAN ANAK DI DUSUN PALUR DESA NGRINGO, KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR


Ummi Lailatull Khasanah Sari, 1601417062 (2021) PENGARUH PENDAPATAN EKONOMI KELUARGA TERHADAP PEMENUHAN HAK KESEHATAN ANAK DI DUSUN PALUR DESA NGRINGO, KECAMATAN JATEN KABUPATEN KARANGANYAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417062 - Ummi Lailatull v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendapatan ekonomi keluarga terhadap pemenuhan hak kesehatan anak serta faktor penghambat dan pendukung pemenuhan hak kesehatan di Dusun Palur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu jenis penelitian survei dengan desain kuantitatif deskriptif. Populasi terdiri dari 51 Keluarga Sejahtera yang memiliki anak usia 0-6 tahun di Dusun Palur. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan total sampelnya 42 keluarga sejahtera. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan melakukan pengujian terhadap variabel bebas. Hasil penelitian dari perhitungan regresi linier sederhana (regression residual total ) berdasarkan tabel ANOVAa , bernilai signifikan sebesar 0,026, artinya 0,026 < 0,05 maka H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pendapatan ekonomi keluarga sejahtera I, II, III dengan pemenuhan hak kesehatan pada anak usia 0-6 tahun di Dusun Palur. Berdasarkan tabel model summary besarnya nilai korelasi hubungan (R) yaitu 0,343 dan termasuk dalam hubungan korelasi yang cukup. Sedangkan nilai R Square (R2 ) atau koefisien determinan adalah 0,117 yang menunjukkan bahwa pendapatan ekonomi keluarga sejahtera I,II,III memiliki sumbangan 11,7% pada pemenuhan hak kesehatan anak usia 0-6 tahun, sedangkan 88,3% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Hal ini menunjukkan bahwa pendapatan ekonomi keluarga mempengaruhi pemenuhan hak kesehatan anak. Adapun faktor penghambat dan pendukung pendapatan ekonomi keluarga terhadap pemenuhan hak kesehatan anak yaitu pemasukan dan pengeluaran, serta pendidikan orang tua sedangkan faktor pendukungnya yaitu kepemilikan kekayaan seperti TV, handphone, dan kendaraan pribadi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Keluarga, Hak Kesehatan Anak, Anak Usia dini
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:16
Last Modified: 10 Nov 2022 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52847

Actions (login required)

View Item View Item