PENGARUH PERILAKU INOVATIF, DAN MANAGERIAL ABILITY TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DENGAN BUSINESS MOTIVATION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA ANGGOTA HIPMI PERGURUAN TINGGI NEGERI DI SEMARANG


Lita Citra Dewi, 7101417191 (2021) PENGARUH PERILAKU INOVATIF, DAN MANAGERIAL ABILITY TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DENGAN BUSINESS MOTIVATION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA ANGGOTA HIPMI PERGURUAN TINGGI NEGERI DI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERILAKU INOVATIF, DAN MANAGERIAL ABILITY TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DENGAN BUSINESS MOTIVATION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA ANGGOTA HIPMI PERGURUAN TINGGI NEGERI DI SEMARANG] PDF (PENGARUH PERILAKU INOVATIF, DAN MANAGERIAL ABILITY TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DENGAN BUSINESS MOTIVATION SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA ANGGOTA HIPMI PERGURUAN TINGGI NEGERI DI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jumlah usaha lokal yang baru berdiri di Indonesia menunjukkan peningkatan sampai tahun 2015. Namun pada tahun 2017 banyak usaha rintisan yang tidak dapat bertahan di tengah persaingan. Salah satu contohnya adalah anggota HIPMI yang telah dibekali dengan berbagai fasilitas kewirausahaan, namun pada faktanya masih sedikit usaha yang dapat berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perilaku inovatif, dan managerial ability terhadap keberhasilan usaha dengan business motivation sebagai variabel intervening. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat analisis SmartPLS. Populasi penelitian ini berjumlah 288, dengan jumlah sampel adalah penelitian berjumlah 166 responden yang meliputi 58 HIPMI UNNES, 47 UNDIP, 30 POLINES, dan 31 UIN Walisongo Semarang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional stratified random sampling untuk memperoleh sampel yang representatif dengan melihat populasi anggota HIPMI PT negeri di Semarang yang heterogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku inovatif dan managerial ability berpengaruh berturut-turut sebesar 11,9% dan 2,1% terhadap keberhasilan usaha. Business motivation dapat memediasi pengaruh perilaku inovatif dan managerial ability berturut-turut sebesar 19,7% dan 21,3%. Pengaruh motivasi bisnis terhadap keberhasilan usaha menunjukkan hasil paling tinggi yaitu sebesar 75,3% memengaruhi keberhasilan usaha. Saran yang diberikan yaitu motivasi anggota HIPMI perlu diimbangi dengan pemberian evaluasi berkelanjutan, pelatihan terstruktur mengenai pengembangan bisnis inovatif, dan pemberian pendidikan manajemen untuk meningkatkan kemampuan manajerial dari anggota HIPMI sehingga usaha yang dibangun dapat mencapai keberhasilan usaha. Perlu adanya kolaborasi dari pihak universitas, alumni, dan fungsionaris HIPMI agar mendorong keberhasilan dan kemajuan usaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keberhasilan Usaha, Inovatif, Managerial Ability, Business Motivation.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:11
Last Modified: 10 Nov 2022 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52846

Actions (login required)

View Item View Item