PENGARUH LABELISASI HALAL, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH DI KOTA SEMARANG DENGAN KREDIBILITAS VLOGGER SEBAGAI VARIABEL MODERATING


Andini Indalaini Lestari, 7101417184 (2021) PENGARUH LABELISASI HALAL, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH DI KOTA SEMARANG DENGAN KREDIBILITAS VLOGGER SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LABELISASI HALAL, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH DI KOTA SEMARANG DENGAN KREDIBILITAS VLOGGER SEBAGAI VARIABEL MODERATING] PDF (PENGARUH LABELISASI HALAL, CITRA MEREK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK WARDAH DI KOTA SEMARANG DENGAN KREDIBILITAS VLOGGER SEBAGAI VARIABEL MODERATING) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keputusan pembelian merupakan tindakan konsumen dalam memakai dan memanfaatkan barang atau jasa untuk pemenuhan kebutuhan atau hasrat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh labelisasi halal, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian dengan kredibilitas vlogger sebagai variabel moderating. Populasi dalam penelitian ini adalah pemakai kosmetik di Kota Semarang. Berdasarkan populasi tersebut diambil sampel sebanyak 100 sampel yang ditentukan berdasarkan Rumus Wibsono dengan teknik non probability sampling jenis sampling insidental. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan model penelitian telah memenuhi validitas dan reliabilitas konstruk serta fit model pada asumsi SEM dengan Smart PLS sehingga model dinyatakan layak. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa citra merek, harga dan kredibilitas vlogger berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara berturut-turut 41,4%, 17,8% dan 36,2%. Kemudian labelisasi halal berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 4,3%. Sementara itu, kredibilitas vlogger berhasil memoderasi secara signifikanhubungan citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 17,6%. Kredibilitas vlogger tidak memoderasi secara signifikan hubungan labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian. Saran dari peneliti adalah perlu ditingkatkan citra merek yang baik serta penetapan harga yang terjangkau. Selain itu, kredibilitas vlogger diharapkan dapat memberikan ulasan yang objektif terhadap produk agar nantinya dapatmemberikan citra merek yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Labelisasi Halal, Citra Merek, Harga, Kredibilitas Vlogger, Keputusan Pembelian
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:58
Last Modified: 10 Nov 2022 02:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52845

Actions (login required)

View Item View Item