PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DALAM PENCEGAHAN PERSEBARAN COVID-19 DI TINGKAT KELUARGA (Studi Kasus pada Keluarga yang Memiliki Balita di Kecamatan Kaliwiro)


Zahra El Zanah, 1601417020 (2021) PENERAPAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DALAM PENCEGAHAN PERSEBARAN COVID-19 DI TINGKAT KELUARGA (Studi Kasus pada Keluarga yang Memiliki Balita di Kecamatan Kaliwiro). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417020 - Zahra El Zanah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

PHBS merupakan cara meningkatkan kesadaran, kebutuhan anggota keluarga, mewujudkan gaya hidup bersih dan sehat, dan memiliki peran aktif dalam olah raga masyarakat. Virus mematikan jenis baru Covid-19 sangat mengancam kesehatan manusia dimana penyebarannya sangat cepat dan mematikan, penyebaran virus ini dapat melalui droplet, udara, dan permukaan yang terkontaminasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dalam pencegahan persebaran Covid�19 di tingkat keluarga dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah orang yang pernah terkonfirmasi positif virus Covid-19 dan memiliki balita, keluarga satu rumah yang tidak terkonfirmasi positif virus Covid-19, tetangga dari informan utama, serta perangkat desa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan model dari Miles and Huberman dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian menemukan PHBS di Dusun P, Kecamatan Kaliwiro belum maksimal karena masih kurangnya pemahaman dasar tentang pentingnya penerapan PHBS guna mencegah persebaran Covid-19. Ada juga warga yang tidak mengetahui apa itu PHBS serta ada yang menerapkan PHBS setelah ada anggota keluarganya terjangkit Covid-19. Sedangkan pada faktor pendukung penerapan PHBS di tingkat keluarga pada keluarga yang memiliki balita adalah faktor kebiasaan pada keluarga dalam menerapkan PHBS pada aktivitas sehari�hari. Selain itu juga adanya fasilitas atau sarana yang mendukung untuk melaksanakan PHBS di tingkat keluarga. Sedangkan faktor penghambat penerapan PHBS di tingkat keluarga pada keluarga yang memiliki balita adalah kurangnya pemahaman tentang PHBS bahkan ada yang tidak mengerti PHBS sehingga mereka tidak menerapkannya dengan baik dalam upaya pencegahan persebaran Covid-19. Setiap orang diharapkan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat mulai dari balita hingga lansia untuk pencegahan persebaran Covid-19.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PHBS, Keluarga, Covid-19.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Nov 2022 03:09
Last Modified: 10 Nov 2022 03:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52844

Actions (login required)

View Item View Item