PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PENERIMAAN E-COMMERCE UMKM DI KABUPATEN REMBANG : ANALISIS MODEL TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL)


Zainul Arifin, 7101417172 (2021) PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PENERIMAAN E-COMMERCE UMKM DI KABUPATEN REMBANG : ANALISIS MODEL TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PENERIMAAN E-COMMERCE UMKM DI KABUPATEN REMBANG : ANALISIS MODEL TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL)] PDF (PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP PENERIMAAN E-COMMERCE UMKM DI KABUPATEN REMBANG : ANALISIS MODEL TAM (TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi memberikan dampak pada segala kegiatan UMKM. Dampak yang terjadi seperti penurunan omzet penjualan, permasalahan aspek pembiayaan dan peralihan sistem penjualan ke arah digital (e-commerce). Tujuan penelitian mengkaji mengenai model penenerimaan teknologi yaitu TAM (Technology Acceptance Model) dalam penggunaan e-commerce UMKM. Penelitian ini memfokuskan kajian kepada penggunaan e-commerce yaitu perceived usefullness, perceived ease to use, attitude toward using dan telah dimodifikasi dengan menambahkan faktor eksternal yaitu lingkungan bisnis dan literasi digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah pelaku UMKM yang menggunakan e-commerce yang jumlahnya tidak diketahui. Sampel penelitian ini adalah 122 pelaku UMKM di Kabupaten Rembang yang dihitung dengan rumus dari Hair et al. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling insidental. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis Structural Equation Model (SEM) menggunakan SMART PLS 3. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelaku UMKM di Kabupaten Rembang memiliki tingkat perceived usefullness, perceived ease to use), attitude toward using, lingkungann bisnis dan literasi digital yang sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model TAM yang dimodifikasi dengan literasi digital dan lingkungan bisnis sebagai faktor eksternal sesuai untuk menganalisis hubungan antara faktor eksternal, perceived usefulness, perceived ease of use, attitude toward using. Sedangkan pengujian pengaruh langsung menunjukkan bahwa literasi digital memiliki pengaruh negatif terhadap perceived usefullness dengan nilai original sample -0,058 dan berpengaruh positif terhadap perceived ease of use dengan nilai original sample 0,541. Faktor lainnya, lingkungan bisnis memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap perceived usefullness dengan nilai original sample 0,532 dan perceived ease of use dengan nilai original sample 0,378. Selain itu, perceived ease of use berpengaruh positif signifikan terhadap perceived usefullness dengan nilai original sample 0,488, perceived usefullness berpengaruh positif signifikan terhadap attitude toward using dengan nilai original sample 0,713, perceived ease of use berpengaruh positif signifikan terhadap attitude toward using dengan nilai original sample 0,221. Saran ditujukan kepada Pemerintah Kabupaten Rembang perlu meningkatkan jumlah pengguna e-commerce di masa pandemi ini. Salah satu cara yang bisa digunakan yaitu dengan melakukan pelatihan tentang e-commerce.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: TAM, E-commerce, Lingkungan Bisnis, Literasi Digital
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:38
Last Modified: 10 Nov 2022 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52842

Actions (login required)

View Item View Item