HUBUNGAN POLA ASUH GIZI DENGAN PEMBIASAAN SARAPAN BERGIZI PADA ANAK USIA 6-24 BULAN DI KELURAHAN PROYONANGGAN TENGAH BATANG


Bella Oktaviana, 1601417009 (2021) HUBUNGAN POLA ASUH GIZI DENGAN PEMBIASAAN SARAPAN BERGIZI PADA ANAK USIA 6-24 BULAN DI KELURAHAN PROYONANGGAN TENGAH BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1601417009 - Bella Oktaviana v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh gizi dengan pembiasaan sarapan bergizi pada anak usia 6- 24 bulan di Kelurahan Proyonanggan Tengah Batang. Pola asuh gizi merupakan praktik pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua pada anak yang berkaitan dengan cara makan anak setiap harinya. Pola asuh ini sangat berpengaruh dengan ketersediaan sarapan bergizi untuk anak khususnya anak usia dini. Sarapan bergizi merupakan asupan pertama yang masuk kedalam tubuh sehingga gizi yang dibutuhkan anak tercukupi. Jenis penelitian yang digunakan adalah cross-sectional dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua anak usia 6-24 bulan yang ada di Posyandu Wilayah Kelurahan Proyonanggan Tengah Batang. Sampel yang dibutuhkan dalam penelitian ini berjumlah 112 orang yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh gizi dengan pembiasaan sarapan bergizi pada anak usia 6- 24 bulan di Kelurahan Proyonanggan Tengah Batang. Besar hubungan antara pola asuh gizi dengan pembiasaan sarapan bergizi dapat dilihat pada nilai koefisien korelasi yaitu 0,361 tergolong rendah. Orang tua perlu memperhatikan pola asuh serta asupan gizi anak melalui pembiasaan sarapan bergizi sehingga dapat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Gizi, Pembiasaan Sarapan Bergizi, Anak Usia Dini.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 10 Nov 2022 02:37
Last Modified: 10 Nov 2022 02:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52841

Actions (login required)

View Item View Item