EVALUASI PENINGKATAN PADA JALAN TULAKAN - BANDUNGHARJO KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN JEPARA DENGAN PERKERASAN KAKU


Milhan Hakim, 5111417064 (2021) EVALUASI PENINGKATAN PADA JALAN TULAKAN - BANDUNGHARJO KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN JEPARA DENGAN PERKERASAN KAKU. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of EVALUASI PENINGKATAN PADA JALAN TULAKAN - BANDUNGHARJO  KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN JEPARA DENGAN PERKERASAN KAKU] PDF (EVALUASI PENINGKATAN PADA JALAN TULAKAN - BANDUNGHARJO KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN JEPARA DENGAN PERKERASAN KAKU) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (26MB) | Request a copy

Abstract

Ruas jalan Tulakan-Bandungharjo, kecamatan Donorojo adalah salah satu ruas jalan yang berstatus sebagai jalan desa di kabupaten Jepara. Jika dilihat secara kasat mata, kondisi perkerasan jalan Tulakan-Bandungharjo kurang baik. Dalam beberapa tahun ke depan, akan didirikan sebuah gedung olahraga yang nantinya akan menambah volume serta beban kendaraan yang akan melewati ruas jalan Tulakan-Bandungharjo. Perkerasan existing jalan Tulakan-Bandungharjo akan dievaluasi dan kemudian direncanakan ulang berdasarkan pedoman perencanaan perkerasan jalan beton semen Pd T-4- 2003. Evaluasi dilakukan menggunakan data CBR lapangan dengan uji DCP sebagai data pokok yang mengacu kepada surat edaran menteri pekerjaan umum No. 04/SE/M/2010 dan data CBR laboratorium sebagai data penunjang yang mengacu kepada SNI 1744:2012. Aspek geometri jalan direncanakan berdasarkan peraturan MKJI 1997, TPGJAK Bina Marga 1997, dan RSNI T�14-2004. Untuk penerangan jalan direncanakan berdasarkan peraturan Bina Marga No. 12/S/BNKT/1991. Lapisan permukaan jalan Tulakan-Bandungharjo berupa beton tak bertulang dengan tebal 10cm,sementara data CBR tanah lokasi jalan Margorejo yang didapat dengan pengujian Dynamic cone penetrometer test adalah sebesar 8,8%. Dengan, FV 34,155 km/jam, C 1575,28 smp/jam, dan DS 0,44 , maka jalan Tulakan-Bandungharjo termasuk jalan yang lengang. Dengan beban lalu lintas yang kecil, diperkirakan faktor penyebab kerusakan perkerasan jalan Margorejo adalah tidak adanya lapis pondasi bawah dalam struktur perkerasan existing jalan Tulakan�Bandungharjo. Jalan Margorejo direncanakan memiliki panjang total 2020m dengan lebar perkerasan rata-rata 5m dan lebar bahu rata-rata 0,5m kiri dan kanan jalan. Lapisan perkerasan terdiri tadi Lapis permukaan berupa Beton semen dengan tebal 25 cm dan lapis pondasi bawah berupa beton kurus dengan tebal 10 cm. Dengan umur rencana 10 tahun dan pertumbuhan lalu lintas sebesar 10%, jalan Margorejo memiliki LHR pada akhir umur rencana sebesar 19466,3 smp/hari, FV 40,18 km/jam, dan DS pada akhir umur rencana sebesar 0,28 dengan C sebesar 2497,7smp/jam. Pembangunan jalan Margorejo membutuhkan biaya sebesar Rp. Rp.7.490.310.000,00 (Tujuh milyar empat ratus sembilan puluh dua juta tiga ratus sepuluh ribu rupiah)sudah termasuk PPN 10% yang dihitung berdasarkan AHSP kabupaten Jepara tahun 2020.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Jalan Tulakam-Bandungharjo; Tebal Lapisan Perkerasan; CBR; DCP
Subjects: T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 10 Nov 2022 01:59
Last Modified: 10 Nov 2022 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52838

Actions (login required)

View Item View Item