PEMANFAATAN VIDEO KARST WATUPUTIH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI DINAMIKA LITOSFER DI SMA N 1 SULANG KABUPATEN REMBANG


Sri Rani, 3201416055 (2021) PEMANFAATAN VIDEO KARST WATUPUTIH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI DINAMIKA LITOSFER DI SMA N 1 SULANG KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3201416055 - Sri Rani(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam belajar sering dialami siswa yaitu dengan keterbatasan sumber belajar yang tersedia, media yang kurang menarik dan rasa bosan saat ini sering dikeluhkan siswa saat mengikuti pembelajaran secara daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan video Karst Watuputih yang digunakan sebagai media dan hasil belajar pada siswa kelas X IPS di SMAN 1 Sulang. Objek penelitian meliputi kelas X IPS 1 dan X IPS 4 yang masing-masing kelas berjumlah 36 siswa dan total kedua kelas tersebut yaitu 72 siswa. Metode pengumpulan data berupa: metode observasi, dokumentasi, tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan Karst Watuputih sebagai sumber belajar pada materi dinamika litosfer memberikan kemudaham dalam memahami materi yang dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar kognitif siswa yaitu dari rata-rata 56,52 (preetest) menjadi 75 (post-test) pada kelas eksperimen. Distribusi respon siswa terhadap penggunaan sumber belajar berbasis lingkungan memperoleh nilai rata-rata yang tinggi yaitu 85,47% dengan masuk pada kategori sangan baik. Distribusi respon tersebut terdiri dari lima indikator yaitu pemahaman, kepedulian lingkungan, metode, media dan sumber belajar. Saran, perlu adanya variasi penggunaan sumber belajar dan media yang digunaan saat pembelajaran daring sehingga akan meminimalisir rasa bosan yang dialami siswa. Perlu adanya peningkatan kedisiplinan pada siswa dalam melaksanakan pembelajaran yang meliputi kedisiplinan dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh dan kedisiplinan dalam mengumpulkan tugas yang diberikan guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Media Pembelajaran, Hasil Pembelajaran Daring
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 09 Nov 2022 07:33
Last Modified: 09 Nov 2022 07:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52837

Actions (login required)

View Item View Item