PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATICS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS


Ade Arwina Andani Putri, 4101417195 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATICS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL MATEMATIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417195- Ade Arwina Andani Putri v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (36MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar yang digunakan di sekolah berupa buku paket BSE (Buku Sekolah Elektronik) Matematika, buku paket mandiri dan ringkasan materi yang dibuat oleh guru tanpa dilengkapi masalah-masalah yang mampu mengaitkan kemampuan peserta didik dengan aspek lain. Bahan ajar matematika bernuansa Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics disajikan dalam materi yang berkaitan dengan aspek Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics sehingga peserta didik didorong lebih mengaitkan materi matematika dengan aspek Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar matematika bernuansa Science, Technology, Engineering, Arts, dan Mathematics yang memenuhi potensi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual matematis, kelayakan, keterbacaan, respon peserta didik terhadap tampilan bahan ajar, dan keefektivan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual matematis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan tahapan pengembangan Research and Development. Tahapan dalam penelitian ini meliputi (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) uji coba produk; dan (6) uji coba pemakaian; (7) produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa bahan ajar yang dihasilkan memenuhi potensi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual matematis dan dapat digunakan dengan persentase sebesar dengan kriteria sangat berpotensi. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase sebesar dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar mudah dipahami oleh peserta didik dengan persentase sebesar dengan kriteria mudah dipahami. Hasil uji respon perserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar menarik secara tampilan dan dapat digunakan dengan persentase sebesar dengan kriteria sangat menarik. Sedangkan hasil uji keefektivan menunjukkan bahwa bahan ajar efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual matematis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, steam, kemampuan pemahaman konseptual matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Nov 2022 06:55
Last Modified: 09 Nov 2022 06:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52833

Actions (login required)

View Item View Item