PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATICS (STEAM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS


Mita Hamidah, 4101417193 (2021) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERNUANSA SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, AND MATHEMATICS (STEAM) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417193 - Mita Hamidah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (25MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar yang digunakan di sekolah berupa buku paket BSE (Buku Sekolah Elektronik) Matematika, buku paket Mandiri, dan ringkasan materi yang dibuat oleh guru tanpa dilengkapi dengan masalah-masalah yang mampu mengaitkan kemampuan peserta didik dengan bidang lainnya seperti science, technology, engineering, arts, dan mathematics. Bahan ajar matematika bernuansa STEAM disajikan dalam materi yang berkaitan dengan bidang science, technology, engineering, arts, dan mathematics sehingga peserta didik didorong lebih mengaitkan materi matematika dengan beragam bidang tersebut. Tujuan penelitian dan pengembangan terhadap bahan ajar matematika bernuansa STEAM adalah untuk memperoleh gambaran mengenai (1) potensi dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis; (2) tingkat kelayakan; (3) tingkat keterbacaan; dan (4) respon peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan tahapan pengembangan Research and Development (R&D). Tahapan dalam penelitian ini meliputi (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) uji coba produk; dan (6) produk akhir. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa bahan ajar yang dihasilkan memenuhi potensi untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan dapat digunakan dengan rata-rata skor potensi sebesar 83,75% dengan kriteria berpotensi. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa bahan ajar layak digunakan dengan rata-rata skor kelayakan sebesar 85,92% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji keterbacaan menunjukkan bahwa bahan ajar mudah dipahami oleh peserta didik dengan rata-rata skor keterbacaan sebesar 90,52% dengan kriteria mudah dipahami. Sedangkan, hasil uji respon peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar menarik secara tampilan dan dapat digunakan dengan rata-rata skor respon sebesar 92,94% dengan kriteria sangat menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bahan ajar, steam, kemampuan pemahaman konsep matematis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Nov 2022 06:51
Last Modified: 09 Nov 2022 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52832

Actions (login required)

View Item View Item