LITERATURE REVIEW IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA
Safira Paramitha, 4101417186 (2021) LITERATURE REVIEW IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Implementasi model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada jenjang SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi menunjukkan hasil yang beragam. Peneliti tertarik melakukan penelitian literature review untuk mengkaji artikel jurnal penelitian terkait model PBL terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Penelitian literature review ini dilakukan karena penelitian lapangan tidak dapat diadakan sebab terkendala oleh adanya pandemi covid-19, mengingat Kota Semarang sempat berada di zona merah. Jenis penelitian literature review yang digunakan dalam penelitian ini adalah narrative literature review. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode, tema, tujuan, media dan trend penelitian yang berkaitan dengan model PBL terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada tahun 2011 hingga tahun 2020. Tahap analisis data menggunakan analisis kualitatif model Miles dan Huberman (1992) yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang memuat kriteria inklusi dan ekslusi yang kemudian disajikan ke dalam bentuk tabel secara rinci yang disertai penjelasan. Artikel jurnal yang diperoleh sebanyak 40 artikel yang berasal dari jurnal – jurnal nasional dan internasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode penelitian yang sering digunakan adalah kuasi eksperimen, tema penelitian yang sering diusung adalah pengaruh PBL terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, tujuan penelitian yang paling banyak ditemukan yaitu untuk mengetahui pengaruh dari PBL terhadap kemampuan penalaran matematis siswa, dan sebagian besar artikel jurnal yang ditemukan tidak menggunakan media pembelajaran. Trend penelitian model PBL terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada tahun 2011 hingga tahun 2020 tidak hanya diarahkan pada PBL dan kemampuan penalaran matematis saja, tetapi juga diarahkan secara khusus pada kemampuan matematis yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literature Review, Problem Based Learning, Kemampuan Penalaran Matematis. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 06:33 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 06:33 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52830 |
Actions (login required)
View Item |