PENGEMBANGAN MODUL TRIGONOMETRI BERBASIS PESANTREN DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF


Maghfirotus Sholekhah, 4101417174 (2021) PENGEMBANGAN MODUL TRIGONOMETRI BERBASIS PESANTREN DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417174 - Maghfirotus Sholekhah v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul trigonometri berbasis pesantren dalam discovery learning yang berpotensi untuk meningkatkan minat, kemampuan berpikir kritis dan kreatif peserta didik yang layak dan mudah dipahami sehingga cocok untuk digunakan pada pembelajaran mandiri. Hal tersebut sebagai salah satu respon untuk kondisi pendidikan Indonesia dalam masa pandemi ini yang mengharuskan peserta didik untuk belajar di rumah. Selain itu, belum ditemukannya modul matematika khususnya materi trigonometri yang cocok digunakan untuk sekolah berbasis pesantren atau sekolah yang juga mengedepankan ilmu agama di samping ilmu umum merupakan kasus yang melatarbelakangi penyusunan modul trigonometri berbasis pesantren. Modul ini didesain dengan model discovery learning dengan menjadikan peserta didik sebagai pelaku utama pembelajaran. Hal tersebut selaras dengan tujuan dari kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research & Development (R&D) model 4D menurut Thiagarajan dan Samuel yang dimodifikasi menjadi model 3D antara lain Define (pendefinisian), Design (perancangan), dan Develope (pengembangan). Model 4D dimodifikasi menjadi 3D dengan alasan keterbatasan biaya, waktu dan masa pandemi. Selain itu tujuan dari peneliti sudah didapatkan di tahap develope. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul memenuhi kriteria karakteristik dengan rata-rata nilai 89,17%, hasil uji kelayakan mendapatkan rata-rata nilai 89,6%, dan uji keterbacaan mendapatkan rata-rata nilai 88,33%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa modul sangat layak digunakan dan mudah dipahami oleh peserta didik. Modul trigonometri berbasis pesantren dalam model discovery learning sudah mendapatkan e-hak cipta dari Direktoral Jenderal Kekayaan Intelektual.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul, Discovery Learning, Meningkatkan Minat, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Nov 2022 06:27
Last Modified: 09 Nov 2022 06:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52829

Actions (login required)

View Item View Item