PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SOAL PISA PADA MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII


Faris Didi Febriyadi, 4101417167 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS SOAL PISA PADA MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417167 - Faris Didi Febriyadi v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa e-modul berbasis soal PISA yang dapat meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa melalui model pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini menggunakan metode: Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Ulujami yang berjumlah 32 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket kevalidan e-modul, angket kepraktisan e-modul, dan soal uraian untuk mengukur kemampuan literasi matematika siswa. Analisis deskriptif persentase digunakan untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan e-modul. Data peningkatan kemampuan literasi matematika siswa diperoleh melalui hasil uji N-Gain berdasarkan hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis soal PISA pada model Discovery Learning memiliki presentase kevalidan materi sebesar 83,75% dengan kategori sangat valid dan kevalidan media sebesar 87,89% dengan kategori sangat valid. E-modul berbasis soal PISA pada model Discovery Learning juga memiliki presentase kepraktisan sebesar 81,43 % yang termasuk ke dalam kategori sangat praktis. Analisis peningkatan kemampuan literasi matematika siswa setelah menggunakan e-modul berbasis soal PISA pada model pembelajaran Discovery Learning dihitung menggunakan uji N-Gain. Secara klasikal diperoleh nilai N-Gain sebesar 0,402 yang termasuk ke dalam kriteria sedang. Sedangkan secara individual, sebanyak 1 siswa memiliki peningkatan hasil tes kemampuan literasi matematika pada kriteria tinggi, 24 siswa memiliki peningkatan hasil tes kemampuan literasi matematika pada kriteria sedang, dan 7 siswa memiliki peningkatan hasil tes literasi matematika pada kriteria rendah. Sehingga dapat disimpulkan e-modul berbasis soal PISA pada model Discovery Learning dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk melatih peserta didik dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, e-modul berbasis soal PISA, kemampuan literasi matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Nov 2022 06:12
Last Modified: 09 Nov 2022 06:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52827

Actions (login required)

View Item View Item