IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS EDMODO DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA N 3 TEGAL TAHUN AJARAN 2020/2021


Mukhammad Faiz Saadillah, 3201416038 (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS EDMODO DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA N 3 TEGAL TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3201416038 - Faiz Saadillah(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Adanya Pandemi Covid-19 yang mewabah di Indonesia memberikan dampak pengaruh besar di berbagai sektor khususnya di sektor pendidikan. Dalam rangka memutuskan penyebaran virus Covid-19 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah khususnya Kota Tegal melakukan upaya pencegahan dan meminimalisasi penyebaran Covid -19 dengan menerapkan Social Distancing atau menjaga jarak dan Work From Home (WFH) atau bekerja di rumah. Akibat kebijakan tersebut untuk aktivitas pembelajaran di lembaga pendidikan dalam beberapa waktu ke depan diminta untuk tetap berada di rumah atau melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh/ secara Daring. Aktivitas belajar di sekolah pun dituntut tetap harus dilaksanakan antara guru dan peserta didik. Hal ini tentunya berpotensi memicu perubahan pada strategi dan metode pembelajaran di kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dan respon siswa setelah diterapkannya pembelajaran daring berbasis Edmodo dimasa pandemi Covid-19. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 2 SMA N 3 Tegal yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif analisis dengan desain penelitian One-Shot Case Study. Metode pengumpulan data berupa : Tes, Angket, dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa melalui hasil tes berdasarkan 6 indikator kogniitif termasuk dalam kriteria sangat baik untuk 3 indikator, yaitu indikatoer mengidentifikasi (C1), menganalaisis (C4), dan menilai (C5) dengan persentase masing-masing sebesar 83,52%, 91,17%, dan 88,23%. Tiga indikator lain yaitu menjelaskan (C2), mengklasifikasi (C3), dan memperjelas (C6) termasuk dalam kriteria baik dengan persentase masing-masing sebesar 66,66%, 66,17%, dan 70,58%. Hasil respon siswa terhadap model pembelajaran daring berbasis Edmodo menunjukkan bahwa persentase respon siswa sebesar 81,32% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran daring berbasis Edmodo dimasa pandemi Covid-19 pada materi pengetahuan dasar pemetaan minimal berkriteria baik. Saran, pembelajaran daring menggunakan Edmodo sebagai upaya awal dalam mempersiapkan perubahan modernisasi dalam kegiatan pembelajaran dan diharapkan dapat menjadi alternatif bagi satuan atau institusi pendidikan dalam mengatasi permasalahan pembelajaran pada saat pandemi Covid-19serta untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat memastikan akses koneksi internet yang stabil agar dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran daring berbasis Edmodo ini.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Edmodo, Hasil Belajar.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 09 Nov 2022 03:06
Last Modified: 09 Nov 2022 03:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52824

Actions (login required)

View Item View Item