PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS WEB POKOK BAHASAN POLA BILANGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP
Avika Sisnurdiyah, 4101417161 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL MATEMATIKA BERBASIS WEB POKOK BAHASAN POLA BILANGAN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi yang mengakibatkan peserta didik bergantung pada penggunaan internet. Adanya pembelajaran daring atau online mengakibatkan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh dan harus menggunakan media perantara dalam kegiatan belajar antara guru dan peserta didik. Hal tersebut dilihat dari kurangnya media dan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Rembang. Penelitian ini difokuskan dalam pengembangan e-modul matematika berbasis web pokok bahasan pola bilangan pada kelas VIII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan kemenarikan dari respon peserta didik pada e-modul yang dikembangkan, serta mengetahui efektivitas e-modul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII D dan VIII B SMP Negeri 3 Lasem dengan jumlah total 46 peserta didik. Hasil persentase dari ahli materi mendapat 82% termasuk kategori sangat layak dan persentase dari ali media sebesar 82% termasuk kategori sangat layak. Berdasarkan kuesioner respon peserta didik terdapat ketertarikan dan membuat pembelajaran tidak membosankan. Persentase rata-rata dari kuesioner peserta didik sebesar 83% termasuk dalam kategori sangat menarik sehingga e-modul sangat membantu peserta didik dalam proses belajar dan layak digunakan serta peserta didik sangat tertarik pada e-modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kontrol berturut-turut sebesar 81,52 dan 61,41. Hasil uji paired sample t-test diketahui nilai signifikansi Pre-Test dan Post-Test kelas eksperimen adalah 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen. Hasil uji independent sample t test nilai signifikansi atau sig. (2-tailed) 0,002 < 0,05, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Jadi, e-modul matematika berbasis web pokok bahasan pola bilangan untuk peserta didik kelas VIII SMP sangat menarik peserta didik dan layak digunakan sehingga membantu peserta didik dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, E-modul, Web. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 02:58 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 02:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52823 |
Actions (login required)
View Item |