KESULITAN BELAJAR DALAM BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU BERDASARKAN KEMANDIRIAN SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MODEL PROBLEM BASED LEARNING


Windy Widyaningtyas, 4101417120 (2021) KESULITAN BELAJAR DALAM BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU BERDASARKAN KEMANDIRIAN SISWA PADA PEMBELAJARAN DARING MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417120  - Windy Widyaningtyas v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kesulitan belajar merupakan gejala yang muncul pada peserta didik yang ditandai dengan adanya prestasi belajar yang rendah atau dibawah norma yang sudah ditetapkan. Sehingga dalam proses pembelajaran kemampuan berpikir kritis matematis sangat diperlukan dalam mempelajari matematika karena matematika adalah sekumpulan materi yang terintegrasi. Pada penelitian ini pembelajaran yang ditetapkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keefektifan pembelajaran daring model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP kelas VIII dan mendiskripsikan kesulitan siswa SMP kelas VIII dalam berpikir kritis matematis pada pembelajaran daring model Problem Based Learning berdasarkan kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method dengan sekuensial eksplorasi. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Gunem, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang pada tahun pelajaran 2020/2021. Untuk data kualitatif, pemilihan subjek penelitian ini berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 2 orang siswa pada tingkat kemandirian belajar yaitu tinggi, sedang dan rendah. Analisis data yang digunakan dalam metode kuantitatif adalah uji normalitas, uji capaian rata-rata dan uji proporsi ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kemampuan berpikir kritis matematis dengan model pembelajaran PBL sudah mencapai ketuntasan rata-rata yaitu 67 dan persentase siswa telah mencapai KKM secara proporsi pada tes kemampuan berpikir kritis matematis dalam pembelajaran model PBL lebih dari 75%. Subjek penelitian peserta didik dengan kemandirian belajar tinggi memenuhi semua indikator dibandingkan dengan peserta didik yang kemandirian belajar sedang dan rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, PBL, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:36
Last Modified: 09 Nov 2022 02:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52820

Actions (login required)

View Item View Item