KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN CPS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERNUANSA ETNOMATEMATIKA
Nisrina Rohadatul `Aisy, 4101417108 (2021) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN CPS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERNUANSA ETNOMATEMATIKA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan model pembelajaran CPS melalui pendekatan matematika realistik bernuansa etnomatematika mencapai ketuntasan belajar, perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kreatif matematis pada pembelajaran CPS menggunakan pendekatan matematika realistik bernuansa etnomatematika dengan pembelajaran model ekspositori, peningkatan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan model CPS melalui pendekatan matematika realistik bernuansa etnomatematika, pengaruh minat belajar pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, dan mendekripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari minat belajar pada pembelajaran CPS melalui pendekatan matematika realistik bernuansa etnomatematika. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII Mts Yaspi Pakis Magelang. Pemilihan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Subjek penelitian yang digunakan yaitu 2 siswa dengan minat belajar tingggi, 2 siswa dengan minat belajar sedang, dan 2 siswa dengan minat belajar rendah. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada pembelajaran CPS melalui pendekatan matematika realistik bernuansa etnomatematika telah mencapai ketuntasan belajar;(2) diperoleh rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sebelum pembelajaran yaitu 56,9 pada kelas eksperimen dan 56,7 pada kelas kontrol kemudian setelah dilakukan pembelajaran CPS melalui pendekatan matematika realistik bernuansa etnomatematika rata-rata kelas eksperimen yaitu 75,5 yang lebih tinggi daripada rata-rata hasil tes menggunakan pembelajaran ekspositori yaitu 69,8;(3) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran CPS melalui pendekatan matematika realistik bernuansa etnomatematika; (4) terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar dengan kemampuan berpikir kreatif matematis, dan (5) siswa dengan minat belajar tinggi cenderung berada pada TBKM sangat kreatif dengan memenuhi indikator kelancaran, keluwesan, dan kebaruan, siswa dengan minat belajar sedang cenderung berada pada TBKM kreatif dengan memenuhi dua indikator yaitu kalancaran dan keluwesan atau kelancaran dan kebaruan, siswa dengan minat belajar rendah cenderung berada pada TBKM kurang kreatif dengan memenuhi hanya satu indikator yaitu kefasihan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Minat Belajar, Pembelajaran CPS, Pendekatan Matematika Realistik, dan Etnomatematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Interactive Learning |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 02:31 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 02:31 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52819 |
Actions (login required)
View Item |