ADAPTASI SISWA SMA DI DESA BULAKSARI KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI TENGAH WABAH COVID-19


Alwan Arif Wibisana, 3201416032 (2021) ADAPTASI SISWA SMA DI DESA BULAKSARI KECAMATAN BANTARSARI KABUPATEN CILACAP PADA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI TENGAH WABAH COVID-19. Under Graduates thesis, universitas negeri semarang.

[thumbnail of 3201416032 - Alwan Arif(v).pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam surat edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Masa Darurat Covid-19, pokok penting dalam edaran ini yaitu keputusan proses belajar dari rumah melalui pembelajaran daring/jarak jauh. Media yang digunakan dalam pembelajaran daring yaitu yang berbasis teknologi dan internet. Penggunaan media tersebut tidak jarang membuat guru dan siswa tidak siap karena berubahnya sistem pembelajaran yang awalnya belajar secara tatap muka kini semua pembelajaran dilakukan secara daring. Dengan hal ini siswa diharuskan beradaptasi akibat pandemi covid-19 sebagai penyesuaian diri terhadap lingkungan. Perubahan ini menjadi tantangan bagi guru dan siswa, salah satunya yaitu pada mapel geografi yang menuntut siswa untuk memahami segala bentuk peristiwa yang ada di bumi. Alhasil pembelajaran daring geografi membutuhkan media pembelajaran yang membantu siswa dalam menggambarkan berbagai fenomena yang terjadi. Tantangan tersebut juga dihadapi oleh siswa dan guru di Desa Bulaksari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran daring, kendala pelaksanaan pembelajaran daring, dan upaya siswa untuk beradaptasi dengan pembelajaran daring pada mapel geografi di Desa Bulaksari. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan variabel berupa kendala belajar dan adaptasi belajar. Sampel penelitian terdiri atas 33 siswa SMA di Desa bulaksari yang dipilih menggunakan teknik total sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran daring mapel geografi sesuai dengan apa yang direncanakan guru. Namun masih ada beberapa masalah yang terjadi, baik dari sinyal yang sering terganggu hingga pemanfaatan media pembelajaran yang belum maksimal. Kendala belajar yang dialami siswa SMA di Desa Bulaksari tergolong tinggi dengan nilai persentase sebesar 51,5%. Faktor sosial dan faktor psikologi lah yang paling mempengaruhi kendala belajar siswa pada pembelajaran daring di mapel geografi. Tingkat adaptasi siswa tergolong pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 78,8%. Manajemen waktu dan manajemen fisik merupakan adaptasi yang paling tinggi yang dilakukan siswa SMA di Desa Bulaksari. Saran dalam penelitian ini adalah perlu meningkatkan kompetensi guru dalam pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi serta perlu adanya koordinasi yang kuat antara siswa, guru, dan orangtua demi kelancaran proses pembelajaran daring.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Kendala Belajar, Pembelajaran Daring, Coronavirus Disease (COVID-19).
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Kharisma ADHIARYA
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:23
Last Modified: 09 Nov 2022 02:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52818

Actions (login required)

View Item View Item