PENGEMBANGAN MODUL DARING DENGAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK BELAJAR LITERASI MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS XI


Novita Triska Pratama, 4101417095 (2021) PENGEMBANGAN MODUL DARING DENGAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK BELAJAR LITERASI MATEMATIKA BAGI SISWA KELAS XI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417095 - Novita Triska Pratama v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Literasi matematika merupakan kemampuan individu dalam melakukan penalaran matematis dan pemecahan masalah matematis dengan merumuskan (formulate), menerapkan (employe), dan menafsirkan (interpret) matematika terkait berbagai konteks dunia nyata. Hal penting yang dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran adalah sumber belajar dengan menyesuaikan perkembangan zaman di mana diiringi dengan model pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu, untuk membantu siswa dalam belajar literasi matematika secara daring, dikembangkan produk berupa modul daring berbasis project based learning. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan tingkat kevalidan pengembangan modul daring untuk mendukung siswa dalam belajar literasi matematika secara daring; (2) mendeskripsikan tingkat kepraktisan penerapan modul daring untuk mendukung siswa dalam belajar literasi matematika secara daring; dan (3) mengetahui tingkat keefektifan penerapan modul daring bagi siswa dalam belajar literasi matematika secara daring. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Penelitian dilaksanakan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Berdasarkan hasil penelitian, telah dihasilkan produk berupa modul daring berbasis project based learning pada materi integral yang telah divalidasi oleh dua ahli dan dua praktisi serta diujicobakan kepada sembilan siswa, kemudian diimplementasikan pada kelas eksperimen. Hasil validasi modul tersebut sebesar 93,06% yang artinya memenuhi kriteria sangat valid untuk digunakan. Sementara hasil uji coba modul tersebut sebesar 84,44% yang artinya memenuhi kriteria praktis untuk digunakan setelah revisi kecil sesuai saran. Selain itu, hasil implementasi pada pembelajaran menunjukkan bahwa modul tersebut efektif untuk digunakan dalam mendukung siswa belajar literasi matematika secara daring. Hal tersebut ditunjukkan berdasarkan hasil analisis data pretest dan posttest siswa terhadap kemampuan literasi matematika yang menunjukkan (1) mencapai ketuntasan secara individu; (2) mencapai ketuntasan secara klasikal; dan (3) ada peningkatan kemampuan literasi matematika siswa setelah diterapkannya modul daring berbasis project based learning.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Daring, Project Based Learning, Literasi Matematika
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:24
Last Modified: 09 Nov 2022 02:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52817

Actions (login required)

View Item View Item