ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE


Sabila Shafa Hadaina, 4101417075 (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE AND SHARE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4101417075 - Sabila Shafa Hadaina v.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu hal penting yang perlu dikembangkan dalam diri siswa, namun pada kenyataannya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa masih rendah. Hal ini sesuai dengan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika SMP Negeri 2 Pulosari. Upaya untuk memperbaiki kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat salah satunya yaitu model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS). Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada model pembelajaran SSCS mencapai ketuntasan klasikal; (2) mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada model pembelajaran SSCS lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah dengan model pembelajaran PBL; (3) mengetahui adanya pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa; (4) mengetahui kemampuan pemecahan masalah pada model pembelajaran SSCS ditinjau dari self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian mixed methods dengan quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulosari tahun pelajaran 2020/2021. Dengan teknik simple random sampling terpilih dua kelas yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dan terdapat 6 subjek kualitatif dalam penelitian ini yaitu 2 siswa dengan self-efficacy tinggi, 2 siswa dengan self-efficacy sedang dan 2 siswa dengan self-efficacy rendah. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan pemecahan masalah pada model pembelajaran SSCS mencapai ketuntasan klasikal, kemampuan pemecahan masalah pada model pembelajaran SSCS lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah dengan model pembelajaran PBL dan terdapat pengaruh self-efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Deskripsi kemampuan pemecahan masalah subjek dengan self-efficacy kategori tinggi cenderung mampu memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah dengan baik, subjek dengan self-efficacy kategori sedang cukup mampu dalam memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah, dan subjek dengan self�efficacy kategori rendah masih kurang dalam memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self-Efficacy, Model Pembelajaran SSCS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 09 Nov 2022 02:10
Last Modified: 09 Nov 2022 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/52815

Actions (login required)

View Item View Item